Header Ads

Wakil Walikota : Umat Islam Harus Berinovasi


Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid (Pakai Peci) didampingi Ketua Komisi I DPRK Langsa Maimul Mahdi (Baju Coklat) saat meninjau alat – alat teknologi tepat guna di aula kantor DPMD Kota Langsa, Aceh, kamis (8/3/2018). 
KOTA LANGSA, HabaAtjeh - Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM mengatakan, umat Islam sudah seyogyanya untuk terus melakukan inovasi yang melahirkan berbagai produk yang dapat menjawab persoalan keumatan.
Hal tersebut disampaikannnya saat membuka acara lomba Teknologi Tepat Guna yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Gampong dan Masyarakat (DPMG) Kota Langsa yang berlangsung di aula kantor tersebut, kamis (8/3).

“Sejatinya agama Islam juga menganjurkan kita untuk berinovasi, dalam potongan ayat Al-quran disebutkan Afala Tafakkarun, yang artinya apakah kamu tidak berfikir, itu maknanya adalah perintah, diperintahkan umat manusia untuk berfikir, artinya menghasilkan inovasi-inovasi, alat-alat teknologi dan sebagainya” ujarnya.

Dikatakannya, pada masa kejayaan Islam alat – alat yang selama ini dimanfaatkan oleh masyakarakat bersumber dari ilmuan muslim.

“Saya bisa menunjukkan referensi bahwa dulu ketika masa keemasaan Islam, kejayaan Islam dulu, itu alat – alat yang hari ini digunakan di dunia, itu penemunya adalah ilmua-ilmuan muslim,katakanlah misalnya AC/kipas angin, itu ilmuan muslim yang menemukan ketika kejayaan daulah Abbasiyah dulu, kemudian alat – alat kesehatan yang dihasilkan Ibnu Sina dan beberapa ilmuan yang lain pada waktu juga ilmuan muslim yang menemukannya” jelasnya.
Marzuki juga mengatakan, alat – alat yang dihasilkan dari Teknologi Tepat Guna (TTG) pada dasarnya sangat membantu dan menjawab persoalan sosial kemasyarakatan.

“Alat Teknologi Tepat Guna ini pada hakikatnya adalah untuk menjawab permasalahan – permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, apa permasalahan-permasalahan itu, ya tentu dialami pada daerah masing-masing, pada komunitas masyarakat masing-masing” kata alumni HMI ini.

Marzuki berharap, agar umat Islam sekarang dapat bangkit kembali untuk menemukan dan mengembangkan teknologi tepat guna yang pernah di lakukan oleh ilmuan muslim.

Sementara itu, Kapala Dinas Pemberdayaan Gampong dan Masyarakat (DPMG) Kota Langsa Al Azmi, S. STP, M. AP dalam laporannya mengatakan, peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak sepuluh tim.

Adapun alat-alat teknologi tepat guna yang mengikuti perlombaan tersebut yaitu  mesin pengupas kulit pinang, mesing giling terasi, tukang sapu electric, generator sirkulasi, reaktor pembangkit hidro, generator pasang surut, alat uji nikotin, PJU Portable, mesing pengayak pasir dan pupuk serta pengering makanan menggunakan elemen strika.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRK Langsa Maimul Mahdi, Wakil Kejaksaan Negeri Langsa, para Kepala OPD dan perangkat Gampong dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa. (Syahrial)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini