Header Ads

Ketua PWI : Media Massa Antara Bisnis Dan Informasi

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa, Bahtiar Husin, MA
KOTA LANGSA, HabaAtjeh - Media memiliki fungsi yang sangat mulia, karena melalui media berbagai informasi dapat diakses sebagai konsumsi publik, namun media juga dihadapkan pada sebuah delimatis, disamping sebagai kontrol sosial juga bagian dari bisnis sebuah perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa Bahtiar Husin, MA saat menjadi narasumber pada acara friday forum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dengan topik "Dilematisasi Media Massa : antara bisnis dan informasi" yang berlangsung di ruang pertemuan perpustakaan kampus setempat, jum'at (6/4) di Kota Langsa.

"Media massa merupakan sarana komunikasi massa atau alat penyampaian pesan kepada khalayak (masyarakat) untuk mengetahui dan memahami informasi" ujar alumni HMI ini.

Dikatakannya, media massa memiliki fungsi yang sangat mulia, yaitu pendidikan, pembangunan, pengawasan, penjelasan, informasi, klarifikasi, pencerahan dan lainnya yang didasarkan pada kode etik jurnalistik sebagai patron dan UU pokok pers nomor 40 tahun 1999 sebagai frame.

Namun disisi lain, sambung ketua alumni IAIN Langsa ini, media massa juga bahagian dari bisnis sebuah perusahaan penerbitan yang dikeluarkan untuk mencapai keuntungan secara finansial. 

"Walaupun dalam statutanya disebutkan bahwa pendapatan dari perusahaan media adalah penjualan koran, jasa periklanan dan kerjasama, namun untuk menarik minat pembaca sebagai pangsa pasar penyebaran media karena ini menjadi indikator pihak ketiga melakukan kerjasa dan periklanan, maka fungsi mulia dari media massa tersebut terenggut dengan asas kepentingan bisnis, inilah dilematisasi dari media massa antara menjalankan fungsi mulia dan memenuhi kepentingan, hingga akhirnya bermuara pada penyalahgunaan media sebagai penyebar Hoax. 
" ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, media massa sangat penting, namun ketika dibenturkan dengan kepentingan perusahaan makan media akan mati.

"Dunia tanpa media seakan mati, tapi dunia dengan media juga membuat mati berkali-kali" pungkasnya.

Friday forum merupakan ruang diskusi bagi dosen IAIN Langsa untuk mengupas berbagai isu yang sedang hangat, friday forum dilaksanakan setiap jum'at, diskusi tersebut turut dihadiri oleh dosen dari berbagai fakultas yang ada. (Syahrial).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini