Header Ads

Kisah Pemuda Autis Saudi Penghafal Alquran


HabaAtjeh - Kisah tantangan yg dihadapi oleh pemuda Saudi 'melawan autisme' dan dapat menghafal alquran dengan sempurna (keseluruhan). 

Abdurrahman Al-khalidi adalah pemuda yang berumur 20 tahun berasal dari Saudi. Ia adalah seorang mahasiswa tahun keempat di Sekolah Tinggi Pendidikan di Dammam, bagian timur Saudi.  Akan tetapi ia adalah seorang autis. Yang mencegahnya untuk berinteraksi dan berbicara terlalu banyak, akan tetapi ini bukan sebagai penghalang baginya untuk menghafal Alquran. 

Ia sering mendengar lagu dan penampilan musisi Saudi yaitu "siraj omar" dgn lagu tanah air yaitu " بلادي منار الهدى ومهد البطولة . Yang ditulis dan dinyanyikan dengan interaksi dan antusiasme yg kuat. Atau dengan semangat. 

Penyakitnya mulai muncul pada awal usianya 4 tahun.  Ketika itu ibunya terkejut dengan lemahnya ia (Abdurrahman) berbicara dan kelebihan gerakan-gerakannya. Kemudian ia melakukan pemeriksaan untuk membuktikan autisnya,  keluarganya pun tidak menyerah begitu saja,  keluarganya membawanya untuk mengikuti program perawatan khusus (terapi) utk mengurangi penyakit yang diderita anknya itu dan ibunya selalu merawatnya dengan baik. 

Ibu Abdurrahman mengatakan kepada "arabiya.net" bahwa 4 tahun setelah kelahirannya ia terkejut bahwa anaknya menderita penyakit autis.  Dan mulai hari itu ia memulai perjalanan pengobatan yang panjang bersama dokter di rumah sakit.  Dengan musibah yang dialaminya (ibu) ini, iya terdorong utk memulai dan mejalankan pengobatan anaknya untuk menyelamatkannya dati penyakit autisnya itu. 

Dan ia mulai melatih anaknya pada kerampilan visual dan verbal, sampai terdapat perubahan pada anaknya dlm berbahasa dan berbicara. Ia juga melatih anaknya dalam sosial yaitu bagaimana cara merespon orang lain dan berbicara dengan orang lain. Kebutuhan sehari-hari Abdurrahman selalu terpenuhi dengan maksimal.

"menghafal Alquran dalam beberapa tahun".

Abdurrahman menyelesaikan studinya di sekolah khusus untuk pendidikan intelektual dan kemudian ia pindah ke sekolah negeri.

Ibu andurraahman menekankan kepadanya tentang pentingnya Alquran dengan mengkomunikasikan kepada anaknya melalui simulasi dan tiruan cara membaca alquran.  Abdurrahman juga memiliki keterampilan mengulangi perkataan-perkataan yang ia dengar.  Ia mampu menghafal alquran selama satu tahun. Dimana ia mengikuti bimbingan anak autis dengan aturan membaca alquran dan tajwid dengan gambaran-gambaran yang jelas.

Abdurrahman tampak pada video "arabiya.Net" ia mampu menghafal nomor halaman dan urutan ayat alquran.  Ia juga dapat meniru 20 qari' alquran. Termasuk syeikh Khudafi, Sudais, Shuraim. Ia juga sering berpartisipasi pada kompetisi-kompetisi Alquran, ia pun sering menjadi yang terbaik.

Abdurrahman adalah salah satu siswa terbaik yang bercita-cita menjadi guru yang selalu ada utk murid-muridnya.

Sumber: Arabiya.net
Terjemah: Zakiyatun Nufus

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini