Header Ads

Satgas TMMD Ke 101 Gelar Sosialisasi Kebencanaan

Satgas TMMD Ke 101 Gelar Sosialisasi Kebencanaan di desa Pante Rambong, Aceh Timur


ACEH TIMUR, HabaAtjeh - Selain sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana desa, Satuan Penugasan TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-101 Kodim 0104/Aceh Timur turut menggelar kegiatan sosialisasi kebencanaan di desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, senin (9/4).

Sosialisasi bencana alam tersebut mengahdirkan  Narasumber yang mumpuni di bidangnya seperti Kepala Bidang (Kabid) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ismail, SE dan Kabid Satgas Search And Rescue (SAR) kabupaten Aceh Timur Sulaiman, S.Pd untuk menyampaikan materi tentang Bencana Alam kepada masyarakat.

Kabid Satgas SAR Sulaiman, S.Pd menyatakan selalu siap sedia kapan saja dan dimana saja untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam. Ia menerangkan bahwa Kantor SAR berlokasi di depan Telkom Idi Rayeuk Gampong Jawa kabupaten Aceh Timur.

"Kami siap bergerak kapan saja bila bapak/ibu memerlukan bantuan", ujarnya.

Disamping itu, Kabid BPBD Ismail, SE dalam materinya menjelaskan tentang mekanisme atau tata cara pengajuan bantuan kepada Pemerintahan Daerah (Pemda) bila sewaktu-waktu mengalami bencana alam yang dampaknya dirasakan oleh masyarakat banyak, seperti banjir, gempa bumi dan sebagainya.

"Agar mendapatkan bantuan dari Pemda, ada beberapa tahap yang harus diikuti. Seperti membuat proposal pengajuan bantuan oleh masyarakat ke Kepala Desa, Kepala Desa meneruskan ke Camat, Camat ke Dinas BPBD dan BPBD selanjutnya melaporkan ke Bupati” terang Ismail.

Ismail menambahkan, semua ada aturannya, harus mengikuti prosedur yang berlaku agar tidak ada pihak atau Instansi yang merasa dilangkahi.

Turut hadir pada kegiatan pagi itu, Danramil 20/Pante Bidari Kapten Inf Wagimin, Geuchik desa Pante Rambong Ramuli Yasin serta masyarakat di sekitar lokasi TMMD ke-101 diselenggarakan.(Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini