Header Ads

Rektor IAIN Langsa : Ziarah Makam Pahlawan Memiliki Makna Yang Penting

Suasana ziarah nasional makam pahlawan di komplek taman makam pahlawan, Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, kamis (16/8)

KOTA LANGSA, HabaAtjeh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA mengatakan, ziarah makam dalam islam dianjurkan untuk memberikan pengaruh dan kesadaran kepada manusia.

“Ziarah ini memang dalam islam itu sendiri dianjurkan, kalau secara umum ziarah itu untuk memberikan pengaruh dan kesadaran ke dalam diri kita bahwa kita sebagai manusia juga pada akhirnya kembali kepada Tuhan,” Ujar Zulkarnaini usai menghadiri acara ziarah nasional makam pahlawan di komplek taman makam pahlawan, Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, kamis (16/8).

Namun, kata Zulkarnaini, pada kontek ziarah nasional makam pahlawan ini memiliki makna yang penting dan lebih jauh lagi, ziarah untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan.

“Tapi dalam konteks ziarah makam pahlawan punya makna yang lebih jauh, yaitu untuk mengenang jasa – jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negeri ini dari penjajah,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, sebagai generasi penurus ikut merasakan bagian dari anak bangsa yang harus turut berjuang mengisi kemerdekaan ini dengan membangun negeri ini menjadi lebih baik.

Zulkarnaini berharap, generasi penurus bangsa agar senantiasa mendoakan para syuhada yang telah guugr di medan perang.

“Kita berharap sebagai generasi yang ditinggalkan agar mendoakan mereka (para pahlawan) supaya apa yang mereka lakukan itu (perjuangan) diterima oleh Allah SWT dan agar Allah juga memberikan mereka tempat yang mulia dan menggolongkan mereka sebagai orang – orang yang syahid,”imbuhnya.

Pantauan di lapangan, pada pukul 07.00 WIB rombongan Forkopimda Kota Langsa tiba di taman makam pahlawan mengendarai mobil bus Pemko Langsa.

Acara yang berlangsung khitmad itu diawali dan diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan, peletakan karangan bunga, pembacaan doa dan penaburan bunga pada pusara yang berada di komplek taman makam pahlawan.

Upacara tersebut juga turut dihadiri oleh Walikota Langsa, Ketua DPRK Langsa, Kepala Kejaksaan Negeri Langsa, Ketua Pengadalian Negeri Langsa, Wakapolres Langsa, Dandim 0104/Atim, Kepala Mahkamah Syariah Kota Langsa, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, para kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Kota Langsa, TNI, Polri, FKPPI dan anggota Pramuka. (Syahrial)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini