Header Ads

Momen Hardikda Ke 59, IAIN Langsa Wacanakan GAPELMA

Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri ((IAIN) Langsa Dr. H. Mohd. Nasir, MA saat memberikan amanat dalam apel bulanan di halaman kampus setempat, senin (3/9/2018).

KOTA LANGSA, HabaAtjeh -  Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah ke 59, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa akan mewacanakan Gampong Pelajar dan Mahasiswa (GAPELMA) di Kota Langsa, Aceh.

Wacana itu disampaikan oleh Direktur Pascasarjana IAIN Langsa Dr. H. Mohd. Nasir, MA saat memberikan amanat apel bulanan di halaman gedung rektorat kampus setempat, senin (3/9).

“Secara geogrfis kita ini kan tidak jauh beda dengan Darussalam, Banda Aceh, kita ada IAIN disini, kita ada Unsam disebelah sana bahkan kita sudah ada ma’had, ditempat kita juga ada beberapa dayah dan lembaga-lembaga pendidikan yang lainnya, saya fikir melalui corong mikrpon ini sangat baik kita wacanakan kalau disana (Banda Aceh) Kota biarlah disini (Langsa) gampong saja, kita sebut dengan GAPELMA (Gampong Pelajar dan Mahasiswa),” katanya.

Dikatakannya, ini sebagai wujud sejarah dari 59 tahun silam, dimana saat itu tanggal 2 September 1959, Presiden Soekarno meresmikan Kota Darussalam sebagai KOPELMA (Kota Pelajar dan Mahasiswa) yang merupakan pilar dan sebuah indikasi bahwa terjadinya peningkatan dan pengembangan pendidikan di Provinsi Aceh yang ketika itu dilambangkan dengan adanya tiga pilar, yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar Raniry Banda Aceh sekarang menjadi UIN, Unsyiah dan Dayah Pante Kulu.

“Terinspirasi dengan peristiwa ini, maka kita wacanakan dan populerkan sebagai GAPELMA, toh ini sejalan dengan visi misi Pemko Langsa yang memberikan jasa pendidikan, mungkin melalui forum ini bisa menjadi wacana yang kemudian digulirkan kepada Pemerintah Kota Langsa dan juga kepada Pemerintah Gampong setempat yang didukung oleh para pimpinan dua perguruan tinggi ini, maka kenapa kita tidak mempopulerkan dengan istlah Gampong Pelajar dan Mahasiswa di Kota Langsa,”imbuhnya.

“Ini saya fikir momen yang tepat, karena berkaitan dengan Hari Pendidikan Daerah,” tambahnya.(Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini