Header Ads

IAIN langsa Gelar Seminar Internasional

HabaAtjeh, Langsa - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar seminar internasional yang berlangsung di aula hotel Harmoni Langsa, Rabu (21/11) pagi. 

Seminar itu mengusung tema "Rapid Development of ELT and English Studies in Global community (Perkembangan pesat dari pengajaran bahasa inggris dan kajian-kajian bahasa inggris dalam komunitas global)" diisi oleh para pembicara dari berbagai dunia, diantaranya adalah,  Prof. Dr. Joko Nurkamto, M. Pd, dari Indonesia,  Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M. Ed dari Indonesia,  Johan Richard, Ph. D dari Australia, Dr. David Perrodin dari Thailand, Dr. Bradley Horn dari Amerika dan Sean Stellfox dari Amerika.
Zulfitri,  MA selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, seminar internasional ini dilaksanakan berkat kerjasama IAIN Langsa dengan ELITE.

"Acara ini terselenggara berkat kerjasama IAIN Langsa dengan ELITE (Assosiasi dosen bahasa inggris dibawah PTKIN Kementerian Agama), ini kegiatan yang ke 6"katanya.

Dikatakannya, peserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 150 orang yang terdiri dari keynote speaker, pemakalah, dosen di berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Universitas yang ada di indonesia, praktisi pendidikan serta para guru dan mahasiswa. 

Seminar tersebut dilaksanakan selama dua hari. 

"Acara belangsung selama dua hari, satu hari di aula hotel harmoni dan satu hari lagi di kampus IAIN Langsa,"jlasnya.

Ketua ELITE Indonesia Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M. Ed mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara seminar iternasional yang ke 6.

Dijelaskannya, ELITE meruoakan organisasi baru, belum berdiri begitu lama, tapi elite menjadi kuat karena diisi oleh orang-orang yang luar biasa. 

Sementara itu, RELO US EMBASSY Dr. Bradly Horn mengatakan, jika di luar negeri "thanks giving" diartikan berbagi makanan, namun di Indonesia dimaknai dengan berbagi informasi dan pengetahuan seputar bahasa, literasi dan pendidikan bahasa inggris, dari berbagai wilayah di nusantara. 

Dirinya juga mengakui bahwa Aceh saat ini telah aman dan tidak lagi mencekam sewaktu masa konflik dulu. 

"Saya pertama sekali datang ke Aceh, dulunya Aceh wilayah konflik, namun ternyata Aceh sudah sangat aman,"ujarnya. 

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini,  MA mengucapkan terima kasih kepada pengurus ELITE yang telah menghadiahkan dirinya kado ayat kursi kepadanya, ayat kursi merupakan kunci dari kesuksesan.

Zulkarnaini menyebutkan, saat ini bahasa merupakan sebuah hal yang penting dalam kehidupan.

"Oleh karena itu perlu bagi kita untuk belajar bahasa, karena bahsa ciptaan tuhan,"ungkapnya. 

Pada kesempatan itu juga, Zulkarnaini juga menjelaskan secara singkat sejarah IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengangkat sejarah dayah atau pesantren tertua di Asia Tenggara. 

Ditempat yang sama, Drs. Abdullah Gade, M. Pd saat membuka acara mengatakan, saat ini Pemko Langsa tengah menggalakkan destinasi wisata, salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pengembangan sektor pariwisata adalah kemampuan penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional paling populer. 

"Sayangnya dari hasil riset EF, pada tahun 2018 kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia itu masih peringkat ke 51 dari 88 negara yang disurvey, artinya kita masih termasuk kategori rendah kemampuan bahasa Inggrisnya,"tukasnya. 

Penguasaan bahasa Inggris ini penting karena dari data yang diterima pihaknya kunjungan turis asing ke Kota Langsa sudah mulai meningkat. Tujuan mereka biasanya tidak sekedar refreshing, tetapi juga melakukan riset. 

"Riset yang sering dilakukan di Langsa  kebanyakan terkait dua isu, yang pertama isu penanganan pengungsi Rohingya tahun 2015-2016 yang kita dinilai terbaik sehingga banyak orang asing ingin tahu lebih banyak tentang cara kita menangani pengungsi, yang kedua riset tentang mangrove,"tandasnya. 

"Terakhir, kami mengucapkan selamat kepada panitia pelaksana dan seluruh peserta seminar internasional ini. Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar, dan out put serta out come-nya betul-betul bermanfaat untuk kemajuan peradaban bangsa,"tutupnya. 

Acara dihadiri oleh Plt. Kadis Pendidikan dan Pengajaran, Pasi Intel Kodim 0104/Aceh Timur, Kapolsek Langsa Kota, Kadis Pemuda dan Olahraga dan tamu undangan lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini