Header Ads

Menteri Sofyan A Djalil Mendukung Transformasi IAIN Ke UIN


Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Dr. Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD memberikan kuliah umum kepada mahasiswa 
KOTA LANGSA, HabaAtjeh - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Dr. Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD mendukung transformasi atau perubahan status kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menjadi Universitas Islam Negeri.

Hal itu diutarakannya kepada Rektor IAIN Langsa bersama para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK dalam pertemuannya dengan pimpinan kampus IAIN Langsa di ruang kerja Rektor, rabu (13/2) siang.

Menurut Menteri asal Aceh ini, lembaga pendidikan tinggi seperti IAIN mempunya peran yang sangat bagus dalam melahirkan alumni yang berkiprah dan mengisi ruang baik di pemerintahan, pedidikan dan jabatan politis.

”Dulu tidak ada sekolah agama, yang ada pendidikan agama di pesantren, jadi yang masuk perguruan tinggi adalah anak-anak bukan beragama islam, sedangkan anak-anak yang beragama islam setelah selesai dipesantren tidak tau mau melanjutkan perguruan tinggi lagi, jadi perlulah IAIN sebagai kelanjutan pendidikan agama”katanya.

Dikatakan Sofyan A Djalil, untuk pengembangan keilmuan, IAIN sebagai institusi islam belum mewarnai nilai islam yang sesungguhnya yang konprehensif, yang mencakup berbagai aspek kehidupan, untuk itu diperlukan pengembangan lembaga pendidikan dari IAIN menjadi UIN.

“Kajian-kajian di IAIN masih terbatas, kedepan harus bisa menjadi UIN,”tukasnya.

Usai bertemu dengan pimpinan kampus IAIN Langsa, Sofyan A Djalil memberikan kuliah umum kepada mahasiswa mengenaini kesiapan Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0.

Dihadapan mahasiswa Sofyan A Djalil mengajak mahasiswa untuk tidak termakan berita hoaks, karena islam mengajarkan untuk selalu mengkroscek (tabayyun) bila ada berita yang belum tentu kebenarannya.

“Kalau kamu punya semangat optimis, berfikir positif, tidak termakan berita hoaks, pasti kamu bisa sukses, jika adik-adik ingin di industri 4.0, maka perbaiki jejak digitalmu,”tuturnya.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA meminta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia untuk dapat mendukung IAIN menjadi UIN.

Salah satu bentuk dukungan yang diharapkan Rektor adalah perluasan lahan untuk pengembangan kampus.

“maka untuk memenuhi keperluan administrasi-administrasi negara tidak bisa serta merta saja IAIN ini bisa kita ubah menjadi UIN, kita membutuhkanbanyak sekali persyaratan-persyaratan termasuk diantaranya tanah yang memadai untuk pendirian gedung-gedung, tempat ruang belajar dan berbagai fasilitas perguruan tinggi yang memadai,” jelasnya.

“Menurut perkiraan para perencana, 50 hektar tanah untuk IAIN Langsa insyaallah untuk tahap awal barangkali memadai dan ini kita sampaikan kepda bapak Menteri yang tentu saja mempunyai knsen yang sangat tinggi untuk pengembangan lembaga pendidikan,”tambahnya lagi.

Zulkarnaini mengucapkan terima kasih kepada menteri yang telah hadir di kampus, semoga kedatangan menteri Sofyan A Djalil dapat memberikan motivasi dan semangat untuk kemajuan kampus.

“Selain untuk mepererat ukhwah islamiyah, kehadiran bapak Menteri juga dapat memberikan motivasi untuk kemajuan kampus,”tutupnya.

Zulkarnaini juga menceritakan secara singkat sejarah lahir kampus IAIN Langsa yang dulunya belum memiliki gedung perkuliahan, namun berkat kerja keras dan dukungan semua pihak IAIN Langsa memiliki lahan dan bangunan sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini