Header Ads

902 ORANG SATLINMAS IKUTI PELATIHAN DAN SIMULASI PENGAMANAN PEMILU


Kota Langsa, HabaAtjeh - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), sebanyak 902 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengikuti pelatihan dan simulasi pengamanan Pemilu yang digelar di Lapangan Belangkang, Langsa, Senin (18/3).
Sekretaris Satpol PP dan WH Langsa Kamaruzzaman, S.HI selaku panitia pelaksana mengatakan, kegiatan ini pertama kalinya dipercayakan kepada Satpol PP dan WH, meningat Satlinmas fungsinya berada dibawah Satpol PP.
Dijelaskannya, peserta Satlinmas yang berjumlah 902 orang ini, nanti akan ditempatkan 2 orang disetiap TPS.
Pelatihan dan simulasi dilaksanakan selama 4 hari, yang terbagi dalam empat tahap. "Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, hari pertma diikuti peserta dari kecamatan Langsa Lama dan Langsa Timur, hari kedua diikuti Satlinmas Kecamatan Langsa Kota, hari ketiga dari Kecamatan Langsa Baro, dan hari keempat dari Kecamatan Langsa Barat,"kata Kamaruzzaman.
Narasumber akan diisi dari unsur Polres Langsa dan unsur TNI dari Kodim 0104/Atim.
Dirinya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius, sehingga akan terciptanya kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat saat mengikuti kontestasi politik mendatang.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Langsa,H.Syahrul Thaib, SH, M. AP mengatakan, pelatihan anggota Linmas dilaksanakan berdasarkan undang – undang nomor 10 tahun 2008 tentang pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah, dewan perwakilan rakyat daerah, bahwa untuk melaksanakan tugas kpps, disetiap tps diperbantukan petugas keamanan dari satlinmas satuan pertahanan sipil / perlindungan masyarakat sebanyak 2 (dua) orang.
Syahrul menekankan kepada anggota Linmas, baik yang bertugas di TPS dari tingkat Gampong, Kecamatan dan Kota agar dapat bertugas dengan penuh kedisiplinan dan tingkatkan rasa percaya diri serta selalu tanggap terhadap setiap perkembangan yang terjadi dengan cara segera melaporkan dengan cepat kepada aparat yang berwenang.(Syeh)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini