Header Ads

Utusan AS ke Suriah: Rezim Assad Gunakan Senjata Kimia dalam Serangan di Suriah


Suriah, HabaAtjeh - Rezim Bashar al-Assad telah menggunakan senjata kimia dalam serangan di Suriah, utusan khusus AS untuk Suriah yang dikonfirmasi ke Al Arabiya pada hari Jumat, menambahkan bahwa tanggapan tersebut dapat mengambil berbagai bentuk termasuk tindakan militer atau diplomatik, atau sanksi ekonomi.

Duta Besar James Jeffrey mengatakan bahwa AS menyambut baik pengumuman PBB tentang pembentukan komite konstitusional untuk Suriah, langkah yang telah lama ditunggu dalam proses perdamaian yang macet.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan al-Assad menggunakan senjata kimia dalam serangan terhadap negara itu pada bulan Mei.

Komite konsitusional
Berbicara tentang pembentukan komite konsitusional Suriah, Jeffrey mengatakan, "Kita harus menekan pihak lain - Rusia dan rezim - untuk mengambil komite konstitusi dengan serius," menambahkan bahwa langkah selanjutnya adalah mengadakan pemilihan di negara itu sebagai diminta oleh Resolusi 2254 Dewan Keamanan PBB.

Dia mengatakan, "Saya yakin bahwa PBB dapat menyelenggarakan pemilihan bebas di Suriah seperti yang terjadi pada tahun 2003."

Ketika membahas keterlibatan AS di Suriah, utusan itu mengatakan bahwa perbedaan antara pasukan Amerika dan pasukan Rusia dan Iran adalah bahwa sementara kehadiran AS dimaksudkan untuk membantu perang melawan terorisme, sekutu rezim Suriah melakukan sebaliknya.

Namun, Jeffrey menambahkan bahwa dukungan Rusia untuk komite konstitusi dapat mengarah pada solusi politik. (source:al-arabiya)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini