Header Ads

Indonesia Expo 2019 Qatar, Kadin Aceh Promosikan Aceh di Doha


Doha, HabaAtjeh - Dalam rangka membangun hubungan social, ekonomi dan bisnis, Kadin Aceh melakukan kunjungan kerja ke Qatar 15-21 November 2019, kunjungan tersebut juga dalam rangka keikut-sertaan Aceh dalam Expo Indonesia 2019 serta beberapa agenda penting lainnya, Ahad (17/11).


Rombongan yang mewakili Kadin Aceh berjumlah sepuluh orang, dipimpin langsung oleh Muzakkir Manaf sebagai ketua umum Kadin Aceh, juga beberapa wakil ketua seperti Teuku Irsyadi, Suraiya IT, Nasruddin Abubakar. Juga ketua Kadin Nagan Raya Samsuar dan ketua Kadin Langsa Nazaruddin, serta perwakilan Kadin Aceh di New York Iswandi dan Fauzan Kamil perwakilan Kadin Timur Tengah, juga  Zakaria pengusaha udang Aceh, serta Juanda Djamal, Direktur Eksekutif Kadin Aceh. Segala biaya kunjungan bisnis ini langsung dibiayai oleh masing-masing peserta.

Menurut Mualem, “partisipasi kita dalam expo Indonesia 2019 di Doha ini adalah upaya kita mempromosikan semua produk UKM/IKM Aceh, juga kita mempromosikan pariwisata Aceh. Kita ingin dunia usaha Aceh dapat bergerak secara mandiri dan memiliki komitmen yang tinggi mewakili Aceh dalam hubungan perdagangan Internasional”

“Qatar adalah penting bagi Aceh, generasi 90-an Aceh telah berkontribusi bagi kemajuan usaha dan industri migas Qatar, kita ingin berlajar dari mereka sehingga hari ini Qatar menjadi negara yang maju hari ini,” sebut Muzakkir Manaf.

Selama perjalanan di Qatar, Kadin Aceh melakukan serangkaian pertemuan resmi maupun tidak resmi, baik dalam rangka membangun hubungan social-budaya, maupun ekonomi, perdagangan dan bisnis.

Selain pertemuan bisnis, menurut Suraiya, ”Kadin sedang menjajaki juga kerjasama dalam bidang pendidikan dan lapangan kerja, kita menyadari bahwa generasi muda Aceh sangat ramai dan perlu lapangan kerja. Potensi SDM kita perlu dikelola dengan baik, apapun kebutuhan di Aceh, kita mesti siapkan, terutama kemampuan bahasa dan keahlian lainnya. 

Nasruddin Abubakar mengatakan bahwa Qatar menjadi gate-way untuk produk Indonesia dan Aceh.

Sedangkan Juanda Djamal, direktur eksekutif Kadin Aceh mengatakan, “keikutsertaan dalam Expo ini merupakan murni inisiatif Kadin Aceh. Namun demikian, kita tetap menyuarakan kepentingan pengembangan dagang dan bisnis Aceh”

Makanya, sambung Juanda lagi, ”apapun komitmen yang dapat kita bangun disini, meskipun itu dampaknya kecil, kita tetapkan menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menindaklanjutinya dalam rencana dan aksi konkrit sehingga komitmen yang disepakati dapat memiliki dampak positif bagi memajukan Aceh. 

“komitmen bersama, baik dengan pengusaha Qatar maupun diaspora Aceh wajib kita tindak lanjuti dengan aksi, “tutup Juanda. (*)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini