Header Ads

Penuhi Ketersediaan Kantong Darah, PMI Adakan Donor Darah Rutin


Langsa, HabaAtjeh - Memenuhi ketersediaan kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Langsa mengadakan kegiatan Donor Darah rutin setiap hari Senin dan Rabu yang diadakan di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Rabu, (11/11).

Humas PMI, Hengki Syah Jaya, SE Mengatakan, "Kegiatan donor darah ini memang rutin diadakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan darah dalam kondisi darurat dan donor darah ini juga gratis, perhari biasanya bisa terkumpul 20-25 kantong, tetapi jika ada event besar bisa mengumpulkan sampai 30 kantong.

Sebelum dilakukan donor darah biasanya dilakukan edukasi kepada para pendonor dan pemeriksaan kesehatan sehingga tidak akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. "Untuk pendonor harus sudah berusia 17 tahun keatas, dengan berat Minimal 46 kg, Hemoglobin 12,5 g dan Tekanan darah yang baik, yaitu Sistole 110-180 mm Hg, Diastole 50-100 mm Hg, serta Sehat Jasmani dan Rohani menurut Pemeriksaan Dokter," tambahnya,

Banyak manfaat yang bisa dirasakan pendonor yang mendonorkan darah nya, diantaranya akan terjadi regenaras darah, mengurangi risiko kanker, donor darah juga akan menurunkan kadar zat besi. Kadar zat besi terlalu tinggi, maka akan berisiko terkena kanker seperti kanker hati, usus besar, paru-paru, kerongkongan, dan perut. Donor darah sangat diperlukan guna mengontrol kadar zat besi.

"Tidak ada efek samping apapun, jika pendonor mengeluhkan pusing berarti si pendonor kemungkinan baru pertama kali mendonorkan darahnya atau si pendonor mempunyai riwayat penyakit, Selang Waktu yang dibutuhkan untuk mendonorkan darah kembali yaitu selama 3 bulan,  jadi setahun itu bisa 4 kali donor darah," pungkasnya. (selly)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini