Header Ads

Kanwil Bea Cukai Aceh Persulit Import


Aceh, HabaAtjeh - Beberapa hari yang lalu ada pelaku importir di Pelabuhan Langsa (Langsa Port) meng-import minuman kacang kedelai (soya) dan pelaku importir di pelabuhan Krueng Geukuh dipersulit dengan bea pajak yang tidak masuk akal padahal bea cukai Langsa telah menetapkan bea pajak 7 Ringgit/kardus, ada instruksi dari Kanwil bea cukai Aceh menetapkan bea pajak 14 Ringgit/ kardus.

Kebijakan Kanwil bea cukai Aceh jelas jelas sangat keliru dan merugikan pelaku  ekonomi serta ingin mematikan kegiatan export import di Aceh. Seharusnya keberadaan bea cukai di Aceh untuk memberi kemudahan dan manfaat (nilai tambah)  dalam kemajuan export import di Aceh bukan malah sebaliknya. Mereka harus menghargai di Aceh berlaku Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) harus ada perlakuan khusus dalam kegiatan export import di Aceh, karena Aceh daerah otonom yang pelaku export importnya masih baru, 

Keberadaan Kanwil Bea Cukai Aceh terkesan hanya menjadi tempat ajang promosi jabatan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi lagi di kementerian keuangan - Dirjen Bea dan Cukai Pusat, yang lebih gila lagi informasi yang kami terima ada unsur kesengajaan dari Kanwil Bea Cukai Aceh  mengintruksikan ke beacukai daerah kalau bisa jangan ada kegiatan export import di pelabuhan-pelabuhan daerah, cari posisi aman saja.

Menyikapi perlakuan yang tidak menguntungkan Aceh ini, kami atas nama KADiN Aceh yang di Ketuai H. Muzakkir Manaf mendesak Menteri Keuangan (Ibu Sri Mulyani) dan Dirjen Bea dan Cukai Pusat untuk segera mengevaluasi kinerja Kanwil  Bea dan Cukai Aceh.

Bila keberadaan Kanwil Bea Cukai Aceh tidak memberi manfaat yang nyata untuk kemajuan ekonomi Aceh, lebih baik Kanwil Bea dan Cukai ditutup saja, diganti yang yang lain yang lebih bermamfaat.

Demikian pernyataan ini kami buat, semoga menjadi perhatian dan segera ditindaklanjuti. Terima kasih.

Wakil Ketua Umum Kadin Aceh. Bidang Otonomi dan Kebijakan Publik. (*)

Penulis: Redaksi

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini