Header Ads

Ketua STAIN Meulaboh: Kami Bercita-cita Jadi ‘Al Azhar’ Aceh di Barsela



Meulaboh, HabaAtjeh - Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag, mengaku pihaknya berharap sekolah tinggi tersebut bisa menjadi ‘Al Azhar’ bagi Aceh di masa depan.

“Kami bercita-cita menjadi Al Azhar bagi Aceh di masa depan, khususnya di Barsela,” ujar Dr. Inayatillah dalam pertemuan dengan Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi, Selasa siang 9 Maret 2020.

Perkataan Ketua STAIN Meulaboh ini kemudian diaminkan oleh Syech Fadhil dan para civitas STAIN Meulaboh yang hadir.

STAIN Meulaboh, kata Ina, saat ini juga sedang mengoleksi kitab-kitab serta manuskip yang berhubungan dengan keilmuan agama.


Untuk itu, Ina berharap, IKAT yang memiliki jaringan ke timur tengah dapat membantu upaya tersebut. Ina berharap Syech Fadhil juga dapat menghubungkan STAIN Meulaboh dengan ke Dubes timur tengah.

“Sehingga nantinya kita memiliki koleksi yang lengkap. Jadi Al Azhar-nya Aceh di masa depan,” ujar Ina lagi.

Syech Fadhil mengaku sangat senang dengan harapan dari pimpinan tertinggi STAIN Teungku Dirundeng.

Dirinya mengaku akan mengajak seluruh jaringan yang dimilikinya untuk mewujudkan harapan tersebut. Apalagi, di STAIN Meulaboh juga terdapat sejumlah alumni timur tengah yang mengabdi di sana.

“Ini bukan sesuatu yang tak mungkin. Isya Allah,” katanya.

Sebelumnya, Ina juga mengatakan STAIN Meulaboh diproyeksi menjadi pusat pelatihan bahasa para siswa yang hendak menempuh pendidikan tinggi ke timur tengah dari barat selatan Aceh.

Silaturahmi ini turut dihadiri Wakil Ketua I bidang Akademik dan Kelembagaan, Wakil Ketua II Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) dan para Kepala Bagian hingga civitas akademika setempat.

“STAIN memiliki sarana serta fasilitas yang lengkap untuk itu. Kita juga memiliki SDM. Tentu saja berkerjasama dengan IKAT (Ikatan Alumni Timur Tengah-red),” ujar Ketua STAIN Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag.

“Kita (STAIN) siap jadi sentral untuk pelatihan itu untuk anak-anak Barsela,” ujar Dr. Inayatillah. (*)

Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini