Header Ads

Edukasi Pasar Modal


Penulis: Candra Jefriyanto (Mahasiswa Ekonomi Syariah, IAIN Langsa)

Memberikan pemahaman tentang Pasar Modal kepada masyarakat merupakan salah satu hal terpenting bagi saya. Mengapa? Karena Pa sar Modal merupakan alternatif pendanaan yang bisa dimanfaatkan negara untuk membangun negeri. Misalnya ketika ingin membangun jalan tol, pihak pemerintah bisa bekerja sama dengan Perusahaan Swasta dengan cara menerbitkan Efek. Saham salah satunya.

Saham adalah surat berharga atas kepemilikan suatu perusahaan, dimana pihak yang kelebihan dana (investor) bisa menyertakan modalnya kepada perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan prinsip bagi hasil. Investor akan memperoleh keuntungan (return) dari suatu perusahaan sesuai dengan besaran modal yang disertakan, dan perusahaan akan mendapatkan dana segar untuk perluasan bisnis.

Mengapa harus menabung saham? Pertama, untuk melawan inflasi. Kenaikan harga komoditas secara umum dan terus menerus menyebabkan nilai rupiah (currency) menurun. Lawan dengan investasi saham. Kedua, tidak cukup jika hanya menabung di bank. Karena setiap penyimpanan tabungan ada pemotongan biaya administrasi. Ketiga, sebagai perencanaan keuangan masa depan. Saham juga bisa dijadikan sarana investasi jangka panjang. Bagi Anda yg ingin menikah bisa menjadikan saham sebagai tabungan pasca nikah.

Yang menjadi permasalahan angka investasi di Indonesia masih didominasi oleh asing. Berdasarkan data yang saya kutip melalui (economy.okezone.com) angka investasi asing di angka 52%. Mengapa demikian? Karena tingkat Literasi Pasar Modal masyarakat Indonesia hanya 0,91% (OJK). Hal ini pula juga berdampak bagi perekonomian negara yang apabila asing menarik dana secara bersamaan, keadaan ekonomi negara bisa anjlok.

Oh ya! Saham itu syariah lho... ada fatwanya dari DSN MUI/No. 80/III/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Sudah kebayangkan bagaimana pentingnya pemahaman terhadap Pasar Modal?. #yuknabungsaham

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini