Header Ads

Ancaman Covid19 Masih Tinggi, IAIN Langsa Gelar PBAK Secara Daring


Langsa, HabaAceh – Menyikapi masih tingginya angka penyebaran Covid19, Khususnya di Kota Langsa Aceh, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2020/2021 online atau daring, Selasa (8/9/2020).

Ketua panitia Reza Nuarif mengatakan, mahasiswa baru yang mengikuti PBAK berjumlah 752 orang.

Dijelaskannya, pelaksanaan PBAK dilaksanakan secara Daring mengingat virus Corona masih terus mewabah di Kota Langsa.

“Jadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini mahasiswa mengikuti PBAK dirumah masing-masing lewat HP, komputer atau laptop,” ujarnya.

Lanjut Reza, PBAK dilaksanakan selama dua hari, kepada mahasiswa baru diberikan sejumlah materi mengenai selayang pandang IAIN Langsa, sistem pembelajaran, administrasi dan fasilitas kampus, peluang beasiswa yang disampaikan oleh Rektor dan para Wakil Rektor.

“Selain itu ada juga materi yang membahas isu-isu nasional seperti radikalisme, wawasan kebangsaan, narkoba dan pelaksanaan syariat islam di Aceh yang disampaikan oleh para ahli, seperti Dandim 0104/Atim, Polres Langsa, BNNK Langsa dan Direktur Pascasarjana IAIN Langsa,” jelasnya.

Sambung Reza, pada hari kedua peserta akan dikenalkan proses penyelenggaraan perkuliahan oleh masing-masing Dekan, para Wakil Dekan dan ketua-ketua jurusan.

“Juga ada pengenalan dari ketua DEMA dan SEMA serta Organisasi Kemahasiswaan lainnya,” tandas Reza.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyebutkan, PBAK merupakan titk awal kegiatan akademik bagi mahasiswa baru, dengan dilaksanakannya PBAK ini berarti kegiatan akademik untuk mahasiswa baru IAIN Langsa sudah resmi dimulai.

“Setelah selesai kegaiatan PBAK tentunya akan dilanjutkan dengan kegiatan akademik lainnya sesuai dengan kalender akademik yang telah dijadwalkan, sekalipun pada semester ganjil akan datang kegiatan akademik pada IAIN Langsa tetap dilaksanakan dalam bentuk daring,” papar Rektor.

Rektor menjelaskan, PBAK secara daring akan menjadi budaya akademik yang baru bagi mahasiswa, hal ini juga untuk menyahuti perkembangan teknologi 4.0.

“Ini (Daring) akan menjadi salah satu budaya akademik, dari biasanya dilakukan secara manual namun ini dilaksanakan secara online, dan dalam rangka menyahuti teknologi 4.0, semua kegiatan kedepan nantinya tidak lagi menggunakan tenaga manusia namun mengunakan tenaga teknologi, dan paling berguna bagi kita dalam proses pembelajaran sehingga akses-akses penyampaian materi kuliah bisa disampaikan lewat teknologi ini, sekalipun ada kekurangan-kekurangannya seperti terbatasnya proses pembinaan karakter,” tukas Rektor.

Rektor berharap, semoga kegiatan dalam bentuk daring ini tidak mengurangi makna dan arti pendidikan bagi mahasiswa.

“Atas nama Rektor dan civitas akademika IAIN Langsa mengucapkan selamat datang mahasiswa baru, semoga kampus IAIN Langsa menjadi pilihan yang tepat bagi saudara untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan menata masa depan yang cemerlang,” demikian Rektor. (*)

Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini