Header Ads

CPNS 2021 Bakal Dibuka, Apa Saja Formasinya?


Jakarta, HabaAtjeh - Pengumuman kelulusan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diumumkan, bagi peserta yang gagal bisa kembali mencoba pada penerimaan CPNS 2021.

Pemerintah tengah membahas untuk menyiapkan pembukaan pendaftaran CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB sekaligus Juru Bicara KemenPAN RB, Andi Rahadian mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyusun jenis formasi yang dibutuhkan untuk penerimaan PPPK dan CPNS 2021.

"Proses penerimaan/pengadaan CPNS dan PPPK untuk formasi 2021 masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya," ujarnya.

Menurutnya jumlah formasi yang dibuka pada penerimaan PPPK dan CPNS 2021 sedang menunggu hasil pendataan dan penghitungan berapa PNS yang akan segera pensiun dalam waktu dekat, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Jumlahnya masih belum dapat finalnya, jumlah formasi memperhitungkan jumlah yang pensiun di daerah dan pusat," katanya.

"Tahun depan pak Menteri Pendidikan, Insya Allah akan me-launching rekrutmen 1 juta tenaga guru," kata Tjahjo di Pandeglang, Banten beberapa bulan lalu yang ditulis detikcom, Jumat (30/10/2020).

Selain memprioritaskan tenaga pendidik, formasi 2021 juga akan terbuka lebar untuk tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan. Kemudian juga penyuluh seperti untuk pertanian, pengairan, sebagainya.

Sedangkan saat ditanya apakah jumlah penerimaan pada 2021 akan lebih banyak CPNS atau PPPK, Anda menegaskan bahwa itu akan tergantung dari kebutuhan.

"Ini tergantung dari kebutuhan instansi mana yang lebih mereka perlukan, tergantung yang mereka usulkan. Tapi yang kami perkirakan kebutuhan 2021 akan lebih besar karena 2020 kita tidak membuka rekrutmen," kata Andi. (*)


Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini