Header Ads

17 Ramadhan, Momentum Bersejarah bagi Umat Islam


17 Ramadhan merupakan momentum bersejarah bagi umat Islam yakni bertepatan dengan malam turunnya wahyu pertama ke dunia ini atau disebut dengan nuzulul Quran. Nuzulul Quran atau peristiwa turunnya Alquran yang terjadi di Gua Hira bertepatan dengan 17 Ramadhan SH atau 6 Agustus 610 Masehi dan wahyu yang pertama turun yakni surah Al’Alaq ayat 1-5. Peristiwa ini menjadi keistimewaan dari malam 17 Ramadhan, dan  menjadi moment paling ditunggu umat Islam. Pada tahun 1442 H, 17 Ramadhan jatuh pada tanggal 29 April 2021.  

  Alquran turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari melalui malaikat Jibril berjumlah 30 juz, 114 surah, dan 6236 ayat. Setiap ayat yang diturunkan menyesuaikan problematika yang dihadapi, kisah-kisah para nabi terdahulu serta hikmah yang terkandung didalamnya, hingga menyesuaikan peristiwa-peristiwa dalam penetapan hukum.

 Namun ternyata, momentum 17 Ramadhan tidak hanya sebagai malam kemulian turunnya Alquran, namun di 17 Ramadhan pula terjadinya peristiwa perang Badar, dimana pada malam tersebut Rasulullah SAW berdoa memohon bantuan kepada Allah SWT untuk kemenangan 313 pasukan Islam yang akan menghadapi 1000 kaum kafir Quraisy. Dan umat Islam memperoleh kemenangan dalam pertempuran ini, saat berhasil menghancur pertahanan kaum kafir Quraisy yang berjumlah 1000 orang.

Adapun amalan-amalan yang baik dilakukan yaitu memperbanyak membaca Alquran, tadabbur Alquran serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, memperbanyak i’tikaf, istiqamah, dan shalat malam. (*)


Penulis : Mauliza Tulrizka, Mahasiswi IAIN Langsa)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini