Header Ads

Akselerasi Transformasi IAIN Langsa Menjadi UIN Mendapat Dukungan Gubernur Aceh



Banda Aceh, HabaAtjeh - Akselerasi Transformasi IAIN Langsa menjadi Universitas mendapat dukungan penuh dari Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, ST, MT. Hal itu ditegaskan Gubernur Aceh saat menerima kunjungan silaturahmi Rektor IAIN Langsa, Dr. Basri, MA yang berlangsung di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (6/5)

“Pada prinsipnya kita Insya Allah mendukung (transformasi), apalagi hal tersebut relevan dengan program Aceh caroeng yang telah kita canangkan dan akan kita wujudkan secara kongkrit melalui BPSDM dengan program beasiswa dan lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, terhadap support Pemerintah Aceh ke IAIN Langsa ini memang suatu keharusan, selama tidak berbenturan dengan aturan yang ada.

Gubernur Aceh menjelaskan, terkait dengan peningkatan akses mutu pendidikan, Gubernur meminta agar pihak IAIN Langsa dapat mengusulkan program-program tersebut.

“Mudah-mudahan tidak ada aturan yang melarang, nanti secara teknis Bapak-Bapak harus mengajukan permohonannya ke Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA), setelah itu akan saya disposisi,” tandasnya.

Berkaitan dengan pengembangan lahan yang menjadi salah satu syarat untuk alih status menjadi UIN, Gubernur meminta jajaran Rektorat IAIN Langsa untuk melakukan penjajakan dengan PTPN I.

“IAIN Langsa perlu bangun komunikasi yang efektif dan komunikatif dengan sejumlah pihak, baik dengan PTPN-I, Pemerintah Daerah Tingkat Dua dan juga Pemerintah Aceh, kita siap memfasilitasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan, di era revolusi industri 4.0, IAIN Langsa tentu perlu melakukan berbagai pengembangan yaitu, penambahan Prodi baru baik S1 dan S2, peningkatan Sumber Daya Manusia ketenagaan, penambahan sarana dan prasarana pendidikan, penerapan manajemen digitalisasi, perlunya integritas keilmuan guna merespon merdeka belajar dan kampus merdeka serta transformasi kelembagaan menjadi UIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

“Tranformasi menjadi UIN, merupakan sebuah tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang nantinya kajian keislaman pada perguruan tinggi keagamaan akan terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, hal ini sebagai bagian penting upaya memajuan ilmu-ilmu keagamaan yang aplikatif dan membentuk peradaban masyarakat,” jelas Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mendukung program prioritas Gubernur Aceh baik program peningkatan SDM yang diaplikasikan dalam program Aceh Carong, program Dinul Islam dan Budaya Aceh.

“Program tersebut penting untuk peningkatan martabat dan mengantarkan Aceh yang unggul dan sejahtera dimasa akan datang,” tukas Rektor seraya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan prorgram Aceh Caroeng untuk IAIN Langsa. (*)


Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini