Header Ads

Angin Kencang Landa Langsa, Anggota DPRK : Pemko Langsa Segera Berikan Bantuan

Syamsuri, Amk Anggota DPR Kota Langsa, Aceh.

KOTA LANGSA, HabaAtjeh – Hujan dan angin kencang yang melanda Kota Langsa dalam dua hari ini menyebabkan beberapa pohon diruas jalan tumbang dan sejumlah rumah warga rusak.

Atas fenomena alam tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa Syamsuri, Amk meminta kepada Pemerintah Kota Langsa untuk serius dan segera memberikan bantuan terhadap warga yang tertimpa musibah.

“Ini fenomena alam yang tidak bisa kita hindari, jadi kita meminta Pemko Langsa dapat segera merespon dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” ujar Syamsuri kepada HabaAtjeh di Kota Langsa, rabu (8/8).

Dikatakannya, harus ada koordinasi bersama antara Pemerintah Kota Langsa dengan Pemerintah Gampong (desa,red) untuk mendata korban, sehingga data tersebut valid dan bantuan nantinya tepat pada sasaran.

“Pemerintah Gampong dalam hal ini Geuchik (kepala desa) agar bisa mendata warganya yang kena musibah, dan dilaporkan kepada Pemko Langsa dalam hal ini BPBD Kota Langsa untuk dikonsultasikan lebih lanjut” katanya.

Ia menjelaskan, merujuk pada pasal 33 ayat (1) huruf d Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 Pemerintah wajib menyediakan alokasikan dana untuk bantuan akibat terjadinya peristiwa khusus, seperti bencana alam, krisis politik, ekonomi atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan.

“Pengadaan barang dan/atau jasa di Desa diatur dengan peraturan Bupati/Walikota, jika terjadi bencana alam, krisis politik, ekonomi atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan, pemerintah wajib memberikan bantuan,” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap cuaca ektstrim yang melanda Kota Langsa.

“Bagi masyarakat yang tertimpa musibah kami turut mendoakan, semoga diberi kesabaran atas ujian dari Allah SWT,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kota Langsa dalam dua hari kemarin terus diterpa hujan dan angin kencang di waktu sore, dampak dari kejadian alam tersebut mengakibatkan sejumlah pohon roboh, rumah warga rusak, lampu penerang jalan umum patah dan beberapa baliho juga patah. (Syahrial)

  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini