Header Ads

Peringati Harganas Ke XXV, BKKBN Aceh Laksanakan Credas Cermat dan Gelar Dagang Keluarga

Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM saat membuka acara Cerdas Cermat Keluarga dan Gelar Dagang Keluarga  yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Aceh, sabtu (1/9). 
KOTA LANGSA,HabaAtjeh - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provisin Aceh melaksanakan Cerdas Cermat Keluarga dan Gelar Dagang Keluarga  yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Aceh, sabtu (1/9).

Panita pelaksana Safrina Salim, M. Kes dalam laporannya mengatakan, cerdas cermat keluarga diikuti oleh kelompok keluarga yang berasal dari gampong Keluarga Berencana dari Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang. 

Selain cerdas cermat keluarga, katanya, pihaknya juga menyelenggarajan cerdas cermat penyuluh Keluarga Berencana.

Pada hari yang bersamaan pula, BKKBN Provinsi Aceh melaksanakan gelar dagang keluarga yang diikuti dari berbagai Kabupaten/Kota dalam provinsi Aceh.

"Semua rangkaian kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Harganas,"katanya.

Kepala perwakilan BKKBN Aceh Drs. Sahidal Kastri, M.pd dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Harganas mulai dari sosialisasi, implementasi, peresmian Kampung Berencana yang sudah dimulai dari tanggal 30 Agustus 2018 yang lalu.

"Alhamdulillah rangkaian ini berjalan sukses,"imbuhnya.

Dikatakannya, rangkaian kegiatan terus berjalan sampai dengan hari ini, yaitu gelar dagang dari kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera.
Usai membuka acara, Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM mengunjungi stand gelar dagang.

Dengan adanya gelar dagang keluarga ini dirinya berharap semua kelompok dagang dapat termotivasi untuk terus meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik lagi.

Selain gelar dagang keluarga, lanjutnya, dilaksanakan pula lounching cerdas cermat keluarga.

"Ini (cerdas cermat keluarga) belum ada dilaksanakan di provinsi dan kabupaten mana pun,"sebut Sahidal.

Cerdas Cermat keluarga ini nantinya diikuti oleh ayah, ibu dan anak, ini bermakna agar dalam sebuah rumah tangga seluruh anggota keluarga bisa berkumpul.

"Idealnya dalam sebuah rumah tanggal minimal harus ada sekali saja seluruh anggota keluarga makan bersama. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa berkomunikasi,"tandasnya.

Karena menurut Sahidal, saat ini sangat jarang sekali seluruh anggota keluarga bisa berkumpul untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar keluarga, sehingga akan menimbulkan gejala sebuah permasalahan dalam keluarga.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM saat membuka acara mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BKKBN Pusat dan Provinsi Aceh yang telah melaksanakan peringatan Harganas di Kota Langsa.

"Ini sangat berhubungan dengan visi misi Kota Langsa dalam rangka mewujudkan Kota berpradaban dan islami, indikatornya adalah keluarga yang sehat, sejahtera,  dan islami,"ujar alumni HMI ini.

Disebutakannya, melalui cerdas cermat keluarga ini akan membuka kembali pemahaman dan pengetahuan peserta lomba.

"Kita ketahui bersama, lomba cerdas cermat ini bisa menambah dan meningkatkan pemahaman serta pendidikan terhadap anggota keluarga, dan mengulang kaji yang mungkin kita tau tapi karena jarang diasah maka akan lupa, oleh karena itu cerdas cermat ini salah satu untuk mengulangkaji, sehingga semakin meningkatkan wawasan dan pemahaman dari peserta cerdas cermat,"tukasnya.

Menurut Marzuki, pemahaman keluarga sejartera ini sangat penting sebagai bentuk sosialisasi keluarga sejahtera ditengah masyarakat.

Lebih lanjut Marzuki mengatakan, saat ini Kota Langsa tidak memiliki Sumber Daya Alam yang handal sebagaimana daerah lain, Kota Langsa hanya mengandalkan sektor jasa.

"Kota Langsa Kota jasa kami tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, yang kita miliki adalah potensi jasa baik jasa pendidikan, jasa kesehatan, jasa pariwisata, semakin banyak even yang ada di Kota Langsa maka Langsa akan semakin dikenal dan menambah perkenomian keluarga,"pungkasnya.

Marzuki berharap kegitan ini bisa terus berlangsung di masa yang akan datang dan menjadi agenda tetap bagi BKKBN Provinsi Aceh.

Turut hadir pada acara tersebut Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Pusat, sejumlah kepala SKPK Kota Langsa dan undangan lainnya.(Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini