Header Ads

Cara Membersihkan Sampah Storie WhatsApp


Langsa, HabaAtjeh - Sebagai perintis media perpesanan tak berbayar, WhatsApp semakin berada di puncak popularitas pengguna ponsel pintar saat ini, mengalahkan Blackberry Messenger yang sempat populer sebelumnya. 

Tak hanya sebagai media pengirim pesan melalui jaringan internet, WhatsApp kini dikenal dan banyak digunakan sebagai media berbagi status (storie) dengan sesama penggunanya yang saling memiliki nomor kontak masing-masing. 

Format media yang dapat dibagikan melalui WhatsApp terbilang cukup lengkap, mulai dari teks, gambar (jpeg/gif) hingga audio video. Kemampuannya yang semakin lengkap tentu membawa konsekuensi semakin besarnya kapasitas aplikasi ini setelah diaktifkan. Karena menyimpan banyak file media yang diterima sehingga pengguna bisa melihatnya di aplikasi ini.

Hal ini tidak disadari oleh banyak pengguna Android, namun tentu dirasakan semakin kecilnya kapasitas memori yang tersisa karena semakin besarnya file yang diterima dan tersimpan pada memori internal sebagai tempat instalasi aplikasi WhatsApp tersebut.

Untuk membuktikannya, mari kita ikuti cara berikut:

1. Buka menu dan cari aplikasi "My Files" biasanya aplikasi digunakan untuk melihat file pada memori internal/eksternal. (Eksplorer jika di PC/Laptop)


2. Pilih menu opsi (Options) yang ditandai dengan "titik tiga" dibagian kanan atas.


3. Pilih menu "Setting" atau Pengaturan 

4. Aktikan "Show Hidden Files" (Tampilkan File Tersembunyi). Lihat gambar


5. Kemudian "Back" kembali dan cari folder "WhatsApp" dan buka folder tersebut,

6. Lalu cari dan buka folder "Media" 


7. Anda akan melihat folder tersembunyi (samar) bernama .Statuses, buka folder tersebut


8. Anda akan melihat banyak file di dalamnya yang merupakan file storie dari status teman-teman anda, silahkan dihapus...


Demikian diantara cara membersihkan file sampah pada aplikasi whatsapp yang mungkin tidak diketahui oleh pengguna android. Mudah-mudahan cara ini dapat meningkatkan kinerja dan mempertahankan keleluasaan memori internal ponsel anda. (rdi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini