Header Ads

IKAT Aceh Teken MoU dengan IAIN Langsa


Langsa, HabaAtjeh - Ikatan Alumni Timur Tengah Provinsi Aceh Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) denhan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (25/6/2019). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua IKAT Aceh M Fadhil Rahmi, Lc dan Rektor IAIN Langsa, Dr Basri MA di kantor Biro IAIN Langsa.

Kesepakatan itu tertuang dalam naskah kerjasama nomor 848/In.24/I/PP.00.9/6/2019 dan nomor 07/MoU/IKAT-Aceh/VI/2019. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, kerjasama IAIN Langsa dengan IKAT sudah lama dibicarakan, terutama dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.

"Karena di IAIN Langsa banyak tenaga pendidik dari alumni Timur Tengah, maka secara tidak langsung telah melakukan pengabdian, namun karena tututan administrasi maka perlu dilakukan MoU," imbuhnya.

Dikatakan, sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan Tri Dharma perguruan Tinggi tentu harus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. "Kita berharap dapat terus bersinergi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat," sebut Rektor.

Dijelaskannya, saat ini kemampuan masyarakat untuk membaca dan menghafal Alqur'an mungkin hanya sebatas serimonial saja. "Untuk itu kehadiran IKAT dan IAIN Langsa dapat membumikan Alqur'an tidak hanya sebatas serimonial, namun lebih pada aplikasi isi kandungan Alqur'an," ujarnya.

Basri juga mengatakan, secra umum pelaksanaan Syariat Islam di Aceh  masih terbatas pada beberapa persoalan, diharapkan kedua lembaga ini dapat memberikan masukan kepada Pemerintah untuk percepatan pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah. 

"Kami sangat gembira dengan MoU ini, semoga kerjasama ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat,"demikian Basri. 

Sementara itu, ketua IKAT Aceh Muhammad Fadhil Rahmi, Lc menyebutkan, selama ini pihaknya telah berkolaborasi dengan beberapa lembaga perguruan tinggi dan Pemerintah Daerah. Kerjasama yang dibangun diantaranya bidang ilmu mawaris, tahsin Alqur'an, bahasa dan terjemah serta tajhiz mayit. 

"Kegiatan-kegiatan sudah kita lakukan dengan perguruan tinggi, pemerintah daerah, dayah-dayah dan tokoh masyarakat," tutur Fadhil yang baru saja terpilih sebagai anggota DPD RI dari Aceh periode 2019-2024. 

Fadhil berharap, keberadaan IKAT harus dapat bahu membahu dengan semua kekuatan elemen yang ada dikampus untuk kemajuan dunia pendidikan. "Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut dengan berharap ridha dari Allah SWT,"pungkas Fadhil. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh pimpinan rektorat, Kepala Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat, Sekretaris Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat, sejumlah Kepala Sub Bagian, pengurus IKAT Aceh dan IKAT Kota Langsa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini