Header Ads

Konsumsi 2 Pisang Setiap Hari, Ini Keuntungan yang Anda Dapat

Pisang adalah makanan yang sangat populer di mana pun Anda pergi. Tumbuh di 107 negara, pisang mewakili tanaman paling berharga keempat di dunia. Pisang juga merupakan salah satu camilan tersehat yang bisa Anda miliki, dengan rasa manis yang cukup bisa membuat Anda lupa berapa banyak nutrisi yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi pisang.

Tetapi apa yang akan terjadi jika Anda makan dua buah pisang setiap hari? 

Pisang kaya akan potasium, serat, vitamin C, dan B6 yang sehat. Tetapi tidak disarankan untuk orang dengan kondisi tertentu.

Pertama, mari kita lihat fakta nutrisi untuk dua buah pisang. Jika Anda mengonsumsi sebanyak ini setiap hari, Anda akan menerima:

210 Kalori

900 mg Kalium (24% AKG)

54 g Karbohidrat (18% AKG)

2 g Serat makanan (24% AKG)

28 g Gula

6 g Protein (4% AKG)


Anda juga akan mendapatkan persentase RDA berikut untuk nutrisi penting ini:


2% Vitamin A.

34% Vitamin C.

2% Besi

40% Vitamin B6

16% Magnesium

Banyak dari kita tidak menyadari betapa pentingnya kalium bagi tubuh karena kita tidak tahu persis apa fungsinya. Kalium sebenarnya adalah salah satu nutrisi paling penting karena digunakan oleh setiap sel dalam tubuh untuk menghasilkan muatan listrik yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik. Kalium juga berperan dalam menjaga detak jantung tetap stabil, menjaga kesehatan tekanan darah, dan memicu pelepasan insulin saat dibutuhkan untuk mengatur gula darah.

Kebutuhan kalium pada orang dewasa yang sehat adalah antara 3,500-4,700mg per hari. Faktor-faktor tertentu lainnya seperti gaya hidup dapat memengaruhi jumlah yang disarankan. Nah, dua pisang rata-rata mengandung sekitar 900 mg potasium, Sumber potasium lainnya yang baik bisa terdapat pada kacang putih, kentang (putih dan manis), bit, bayam, semangka, dan saus tomat.

Membantu Menjaga Tekanan Darah

Anda mungkin tahu bahwa terlalu banyak natrium merupakan faktor risiko besar untuk tekanan darah tinggi. Sebenarnya keseimbangan natrium dan kalium berfungsi untuk mengontrol hipertensi. Prosesnya berpusat di ginjal, yang membantu mengontrol tekanan darah dengan mengatur jumlah cairan yang disimpan dalam tubuh. Keseimbangan natrium dan kalium yang digunakan untuk menarik kelebihan air dari aliran darah ke kandung kemih. Saat keseimbangan hilang, lebih banyak cairan ditahan dan tekanan darah meningkat. Rata-rata, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi AKG harian mereka akan kalium, yang berarti banyak orang memiliki faktor risiko yang signifikan mengalami hipertensi.

Menurunkan Risiko Kanker Anda

Diet keseluruhan yang tinggi buah-buahan dan sayuran segar penting untuk meminimalkan risiko kanker karena Anda mendapatkan nutrisi penting dalam dosis harian tanpa tambahan garam, gula, pewarna makanan, dan pengawet kimiawi. Tetapi pisang sangat baik karena kaya akan vitamin C, yang sangat penting dalam memerangi radikal bebas karsinogenik.

Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan, dan dianggap dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda

Keseimbangan natrium dan kalium yang tepat juga penting untuk kesehatan jantung. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang mendapat setidaknya 4.069 mg potasium setiap hari memiliki risiko 49% lebih rendah untuk meninggal dunia akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan orang yang mendapat kurang dari 1.000 mg.

Meredakan Sakit Perut Anda

Jika Anda pernah ke dokter dengan sakit perut, kemungkinan besar dia akan merekomendasikan Anda untuk konsumsi pisang dan makanan lain yang mudah dicerna.

Pisang sangat bagus untuk menjaga perut dan sistem pencernaan, karena potasium dalam pisang membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit Anda. Serat juga membantu meningkatkan keteraturan pencernaan.

Pisang Mengandung 30g Gula

Gula adalah kata yang buruk untuk diet akhir-akhir ini, tetapi jika berbicara tentang pisang, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Para ahli merekomendasikan untuk sangat mengurangi asupan gula. Namun Gula dalam pisang bersifat alami dan juga mengandung serat yang sehat.

Serat membantu menstabilkan dampak buruk gula darah Anda. Oleh karena itu, pisang merupakan camilan tengah hari yang baik atau sebagai tambahan makanan Anda agar Anda bisa tetap berenergi. (*)


Penulis: Redaksi
Source: https://www.manukafeed.com/eat-2-bananas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini