Header Ads

Tolak Lupa! Tugu Batu Bersejarah Desa Upah

Aceh Tamiang, HabaAtjeh - Tugu Batu Upah ( atau biasa di sebut Tugu Upah) menjadikan sejarah yang terlupakan, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang tepatnya di pinggir jalan sejajar dengan kedai – kedai  di Simpang Tiga Tugu Upah jalan raya Medan - B. Aceh, senin siang  (19/04/2021) pukul 13.03 wib.

Sangat di sayangkan! Tugu tanda sejarah pertempuran Tentara Keamanan Rakyat dengan Tentara Jepang, pada 25 Desember 1945 lalu, di Simpang Tiga Upah, saat ini terkesan telah di lupakan keberadaannya. Bahkan bagi masyarakat setempat dan pejabat meyakini sama sekali tidak tahu sejarah yang pasti akan keberadaan Tugu yang selama ini terlantarkan serta tidak dihiraukan sama sekali.

Buktinya selama di bangun semenjak berpuluh – puluh tahun yang lalu, sampai sekarang tidak ada dari kebijakan Pemerintah untuk melestarikan keberadaan Tugu tersebut untuk mengenang bahwasanya itu suatu sejarah yang pernah ada pada masanya. 

“Dulu letak batu Tugu itu pas di tengah – tengah jalan Simpang Tiga Tugu Upah, dikarenakan menganggu lalu lintas kendaraan, akhirnya di runtuhkan dan dibangun kembali pas dipinggir jalan Simpang Tiga Upah” kata salah seorang warga setempat yang enggan di sebutkan namanya.

Di harapkan untuk Pemerintah, khusunya Pemerintah Aceh Tamiang agar mengajukan anggaran untuk Pelestarian Tugu Simpang Tiga Upah yang merupakan salah satu tanda sejarah di Bumi Muda Sedia. (*)                


Penulis: Liza Rahmadani Putri

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini