Header Ads

Duta Baca Perpustakaan IAIN Langsa sosialisasi Literasi juga peningkatan Mutu Pustaka kepada Ormawa Kampus

 


HabaAtjeh.com. Langsa,Terdapat beragam definisi yang diartikan oleh para ahli dan peneliti tentang literasi. Mengutip pada buku yang ditulis oleh Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini, literasi dapat diartikan sebagai Kemampuan berbahasa mencakup kemampuan dalam menulis, berbicara, menyimak, dan kemampuan berpikir lainnya.

Kemampuan literasi ini menjadi sangat penting dimiliki oleh setiap orang dan harus ditanamkan sejak dini. Terdapat ungkapan yang menyebutkan “Buku Adalah Jendela Dunia”.

Apakah berarti buku ini memiliki fungsi sebagai pintu ajaib ala kartun favoritmu yang bisa membawa kita pergi ke mana saja? Tentu tidak! Ungkapan ini menyiratkan kepada kita bahwa dengan membaca buku, kita bisa melihat dunia dari ilmu yang kita dapatkan di dalamnya.

Sebagai penyedia sumber Literasi terciptalah ruang baca seperti perpustakaan yang memfasilitasi buku-buku bacaan. Perpustakaan sendiri memiliki banyak manfaat yang dibisa digunkanan oleh siapa saja yang ingin menyalurkan literasinya, baik itu membaca, menulis, mencari sumber referensi, dan masih banyak lagi, dari perpustakaan itu terciptakalah Duta Baca Perpustakaan dimana mereka yang sangat lekat dengan literasi mengsosialisasikan kegiatan literasi mereka kepada banyak orang. Terutama yang dilakukan oleh Duta Baca Perpustakaan IAIN Langsa yang mengsosialisasikan Literasi kepada para Ormawa disetiap Fakultas seperti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan yang terakhir Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah,dimana kegiatan ini banyak menyampaikan mengenai literasi yang nantinya apa yang disampaikan akan disampaikan kembali oleh Ormawa kepada mahasiswa/i lainnya dari tiap bidang-bidang prodi.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut para Duta Baca banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan berbagai macam dunia Literasi, bagaimana tips agar rajin membaca, harus mulai darimana jika ingin mulai membaca, buku apa yang sebaiknya dibaca dan bukan hanya itu Duta Baca juga menyampaikan Fasilitas apa saja yang ada diperpustakaan IAIN Langsa yang nantinya bisa digunakan oleh para mahasiswa, bukan hanya buku bacaan saja yang difasilitasi tetapi ruangan-ruangan yang ada diperpustakaan IAIN Langsa juga bisa dapat dipakai sebagai akses belajar, akses ruang rapat kegiatan mahasiswa.

Dan yang tidak kalah canggihnya IAIN Langsa juga menciptakan E-Cot kala yakni perpustakaan berbasis teknologi dimana mahasiswa dan siapa saja dapat menikmati buku bacaan melalui smartphone jadi tidak perlu lagi datang jauh-jauh keperpustakaan untuk membaca buku, E-Cotkala sendiri bisa di pakai oleh kalangan siapa saja yang ingin menggunakannya, kelebihannya banyak selain bisa membaca buku dimana saja dan kapan saja, yakni banyak buku bacaan berbagai macam jenis yang bisa dibaca, juga bisa melihat perkembangan membaca kita dari hari-kehari.

Banyak sekali manfaat sosialisasi ini terhadap ormawa yang nantinya akan disampaikan kembali kepada mahasiswa/i disetiap fakultasnya masing-masing, banyak hal yang bisa didapat melalui Literasi yang difasilitasi oleh Perpustakaan bukan hanya Ilmu, teman tetapi hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya, maka dri itu antara Literasi dan perpustakaan itu sangat berkaitan satu sama lain.

Penulis Duta Baca Perpustakaan IAIN Langsa (Chindy Natalie, Yasin Bayla, Teuku Maulana Yarmin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini