Header Ads

Jalin kersama dengan PSGA IAIN Langsa, Dayah Nurul ulum sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

 


HABAATJEH.COM,  ACEH TIMUR – Guna mencegah kekerasan seksual, (PSGA) IAIN Langsa bersama Dayah Nurul Ulum Peureulak Aceh Timur dan LSM CRRC mengadakan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Sosialisasi dan pendampingan dalam penanganan, pencegahan dan penghapusan kekerasan seksual di dayah/ponpes, adalah tema yang dibahas pada kegiatan yang diinisiasi oleh PSGA IAIN Langsa bersama LSM CRRC.

  

Kegiatan ini diikuti 50 orang peserta dari berbagai unsur perwakilan mulai dari guru dan santri Dayah Nurul Ulum Pereulak Aceh Timur, juga perwakilan dari LSM CRRC, di Dayah Nurul Ulum Peureulak Aceh Timur, Kamis (1/12/2022).

Ketua Yayasan Nurul Hilal Ponpes Nurul Ulum Pereulak, Drs. Badlisyah menjelaskan, pencegahan dan penanganan kekerasan seksual sangat penting bagi dayah tersebut.


Kemudian sebagai tindak lanjutnya juga penting dilakukan MoU antara PSGA IAIN Langsa dengan Dayah Nurul Ulum peureulak Aceh Timur.




Dr. Andhika Jaya Putra, MA, Ketua PSGA IAIN Langsa, mengungkapkan, sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual mengundang beberapa narasumber dengan profesi yang berbeda.

Dari Tim PSGA IAIN Langsa yakni Iswantara Adi Nugraha, MA (Pegiat Gender dan Pembina Forum Anak) Agus Andika, MA (Pegiat Gender/Ketua PMII Aceh) Dr Banta St.MT (LSM CRRC Atjeh).

Ia berharap semua yang disosialisasikan ini benar-benat bermanfaat bagi semua pihak, sehingga bisa mencegah atau tidak terjadi kekerasan seksual.


Kemudian di Dayah sendiri pasti semua sepakat tidak menginginkan hal-hal negatif terjadi, termasuk yang menyangkut kekerasan seksual di dayah/ponpes.

"Kita selalu mendorong agar kedepannya Dayah/ponpes di Aceh menerbitkan sebuah Peraturan Dayah tentang Pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di dayah," tutup Dr Andhika.(*)




Redaksi




 

 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini