Header Ads

Perseteruan AS - Rusia atas Akses Penyelidikan Perang Suriah



HabaAtjeh - Suriah, Di tengah perang sengit pemberitaan antara Rusia, AS dan sekutunya, Moskow mengatakan bahwa tim ahli kimia dari Organisasi Larangan Senjata Kimia (OPCW) akan memeriksa lokasi serangan gas beracun yang dicurigai di Suriah pada hari Rabu.

Pengumuman itu datang ketika Rusia menolak tuduhan AS merusak bukti dalam penyelidikan atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah di Douma, dekat Damaskus, pada 7 April.

"Besok [Selasa] layanan keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa... akan menguji rute. Dan pada hari Rabu adalah ketika kami merencanakan kedatangan para ahli OPCW", kata seorang pejabat senior Rusia di Den Haag pada hari Senin.

Sebelumnya, inspektur dari OPCW mengklaim telah dicegah oleh pasukan Suriah dan pendukung Rusia mereka dari mengakses situs sebelumnya pada hari Senin.

"Rusia dan Suriah belum mengizinkan akses ke Douma," kata delegasi Inggris itu dalam sebuah tweet pada hari Minggu sebelum menambahkan bahwa "akses tak terbatas adalah penting."

Sebuah pernyataan oleh direktur jenderal OPCW pada hari Senin mengatakan bahwa pejabat Suriah dan Rusia yang "berpartisipasi dalam pertemuan persiapan di Damaskus telah memberi tahu FFM [Misi Pencarian Fakta] bahwa masih ada masalah keamanan yang tertunda untuk dikerjakan sebelum penyebaran bisa terjadi."

Peter Wilson, utusan OPCW Inggris, mengatakan kepada badan pengawas, bahwa kegagalan investigasi di Suriah akan menyebabkan "penggunaan secara biadab dari senjata kimia".

Suriah telah melalui perang saudara tujuh tahun lamanya dan telah menewaskan sedikitnya setengah juta orang dan menciptakan krisis pengungsi internasional.

"Rezim Suriah memiliki catatan mengerikan dalam menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri. Penggunaan senjata kimia telah menjadi senjata perang yang terlalu biasa dalam konflik Suriah," kata Wilson, yang melanjutkan dengan mengutip 390 tuduhan serangan senjata kimia sejak 2014.

Rusia telah menghalangi upaya badan internasional untuk menyelidiki serangan-serangan ini, katanya.

Rusia mengatakan kepada PBB Jumat lalu bahwa para ahlinya tidak menemukan jejak "penggunaan zat beracun" selama penyelidikan mereka di Douma.

Vassily Nebenzia, duta besar PBB di PBB, mengatakan Rusia memiliki "bukti yang jelas" bahwa dugaan serangan bahan kimia itu dipentaskan.

Nikki Haley, duta besar AS untuk PBB, telah mengatakan negaranya akan mengumumkan sanksi baru pada pemerintah Rusia sebagai tanggapan atas dukungannya untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad. (Aljazeera)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini