Header Ads

Ketua KNPI Papua: Mari Bicarakan Solusi




Manokwari, HabaAtjeh - Pascakerusuhan di Papua Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat Sius Dowansiba berharap kerusuhan di Papua Barat menjadi belajaran bagi semua orang.

Sius menyebut, semua suku di Indonesia, bukan hanya di Papua, harus belajar bagaimana menyikapi persoalan yang dapat memunculkan konflik.

"Ini menjadi pembelajaran berharga bagi semua generasi, semua orang yang ada di NKRI ini. Baik itu Papua, Jawa, dan lainnya. Semua suku harus belajar menyikapi persoalan dari kejadian ini," kata Sius, Jumat (23/8/2019).

Menurut Sius, keruduhan di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat beberapa hari yang lalu, hanyalah bentuk sakit hati dan kekecewaan masyarakat Papua atas tindkan dugaan rasisme yang dilakukan oknum.

"Persoalannya hanya dari sakit hati, tak menerima pernyatan oknum tetentu. Orang Papua merasa tak dihargai, kemarahan itulah yang muncul," kata dia.

"Tapi saya pikir dengan pendekatan yang dilakuan pemerintah, TNI, Polri mudah-mudahan bisa menetralisir dan membawa pikiran baik ke depan," tambahnya.

Ia juga berharap persoalan ini tak lagi meluas ke mana-mana.

Selain itu, KNPI berharap ada solusi terbaik dari seluruh pemangku kepentingan agar tindakan tak terulang lagi di kemudian hari.

"Persoalan di Surabaya dan Malang, tidak usah melebar, sampai di situ saja, tidak usah ada tindakan lagi. Mari kita bicarakan bersama apa solusi negara hari ini. Kalau negara sudah memperlakukan kita sebagai anak kandung, ya sudah, akhiri semua masalah ini," pungkasnya. (PapuaNews.ID)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini