Header Ads

Tekad Raih Adipura, Kota Langsa Tingkatkan Pengelolaan dan Pengendalian Sampah


Langsa, HabaAtjeh - Menjelang Adipura, Kota Langsa tengah giat giatnya melakukan bersih bersih dalam pengelolaan lingkungan, dari hulu sampai hilir, di setiap titik di kota langsa.  (05/12)

Persiapan Adipura kali ini, Kota Langsa lebih kepada cara pengelolaan sampah yang ekonomis dan efisien.

"Persiapan Adipura kali ini,  Kami lebih kepada data pengelolaan sampah, seperti,  Bank Sampah, Sistem Pengelolaan Sampah dengan Inovasi Teknologi mesin Pencacah Sampah dan pengayak Kompos yang lebih Efektif dan Efisien, atau yang sering kita kenal dengan TPS3R". Ujar Lia Soraya, selaku kasip pengelolaan sampah.

Persiapan lain untuk menunjang Langsa bersih dengan meninjau semua kawasan dari sampah plastik. 

"Persiapan lainnya juga kami lakukan seperti Kebersihan Parit, Kebersihan Tempat Umum dari sampah Plastik, serta pengelolaan pembuangan sampah pada TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dengan metode Controlled Landfill / Sampah akan diratakan dan dipadatkan dengan alat berat, hingga menjadi sebuah sel" tambahnya.

Kebersihan Kota Langsa juga tak luput dari peran penting masyarakat untuk menanggulangi pemakaian sampah organik. 

"Kami selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat kota langsa untuk memilah milih sampah dari rumah dan menjual ke pengelola sampah terdekat serta tidak lagi membuang sampah organik ke TPS (tempat pembuangan sampah) tapi dimanfaatkan menjadi kompos", Lanjutnya. 

"Kami juga terus mengurangi sampah plastik dan mengelola sampah organik menjadi kompos, Sehingga, Kami berharap Kota Langsa bisa bebas Sampah tahun 2025", Tutupnya.


Sebelumnya selama 3 tahun berturut turut, Pemerintah Kota Langsa berhasil meraih penghargaan Adipura tingkat Provinsi Aceh. (*)

Penulis: Selly

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini