Header Ads

Saudi Tetapkan Dibukanya Ibadah Haji Tahun Ini.



Riyadl, (Saudi Arabia) HabaAtjeh - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa tahun ini ibadah haji tetap dilaksanakan sebagaimana dilansir media-media berita Saudi Arabi dalam akun media sosialnya. Selasa (23/6/2020).


Keputusan ini ditetapkan dengan ketentuan:

1) Jumlah jamaah haji sangat terbatas.

2) Untuk warga Saudi.

3) Untuk warga asing yang tinggal di Saudi. 

Keputusan pemerintah ini didukung oleh hai'ah kibarul ulama (Majelis Ulama), dengan alasan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jamaah haji.

Sebelumnya, dalam berbagai fatwanya, dewan ulama besar Saudi mendukung penuh langkah pemerintah untuk menanggulangi pandemi covid-19.

Beberapa fatwa yang telah dikeluarkan: penutupan masjid sementara, sholat idul fithri di rumah, jarak shaff dalam shalat renggang, dan penggunaan masker dalam shalat.

Fatwa yang dikeluarkan para ulama ini selaras dengan kaidah fiqih "dar'ul mafasid muqaddamun ala jalbil manafi'." Mencegah kerusakan lebih didahulukan daripada mengambil manfaat.

Dengan keputusan ini, tidak dimungkinkan bagi umat Islam di Indonesia untuk bisa berhaji di tahun 2020 ini, mengingat pihak Saudi Arabia belum membuka bagi umat Islam dari luar Saudi. (*)


Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini