Header Ads

Sinergisitas IAIN Langsa dan TKP2K Aceh Dalam Penanggulangan Kemiskinan


Kota Langsa, HabaAtjeh -  Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K) Aceh menggandeng kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dalam rangka bekerjasama untuk menekan angka kemiskinan di Provinsi Aceh, Rabu (26/8/2020).

Pada kesempatan itu, Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K) Aceh dihadiri oleh Lukman Ibrahim dan Irun Sami, SE, MM dan disambut langsung oleh Rektor IAIN Lagsa Dr. H. Basri, MA beserta sejumlah pejabat kampus lainnya.

Lukman Ibrahim menyebutkan, kehadiran TKP2K Aceh di IAIN Langsa untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam penanggulangan kemiskinan di Aceh sesuai dengan peran dan fungsi masing –masing lembaga.

"TKP2K Aceh sedang membuat konsorsium, yang didalamnya terhimpun sejumlah Perguruan Tinggi, salah satunya kita menggandeng IAIN Langsa,"ujarnya.

Dijelaskan Lukman, konsorsium for TKP2K Aceh ini akan membahas sejumlah persoalan yang terjadi di masyarakat serta menerima masukan dari akademisi lewat berbagai penelitian sosial keagamaan dan kajian akademik lainnya yang dilakukan oleh kampus.

Menurut Lukman, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan penanggulangan kemiskinan, perlu dukungan semua elemen termasuk perguruan tinggi yang memberikan masukan dan solusi agar angka kemiskinan di Aceh dapat menurun.

“Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan SDM yang dimiliki oleh kampus, angka kemiskinan dapat menurun, ini langkah awal bagi kita, selanjutnya nanti kita akan terus saling berkoordinasi lewat sejumlah kegiatan-kegiatan yang ada,”tandasnya.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr. H. Basri, MA menyambut baik kerjasama yang ditawarkan oleh Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K) Aceh.

Rektor mengatakan, sebagai perguruan tinggi tidak hanya sebatas menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tingggi, namun banyak aspek akademik lainnya yang dapat dimainkan perannya dalam penanggulan kemiskinan.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, pihaknya siap untuk bekerjasama dan memberikan sumbangsih gagasan serta ide-ide kepada Pemerintah Aceh melalui sejumlah tenaga Sumber Daya Manusia yang dimiliki IAIN Langsa guna percepatan penurunan angka kemiskinan di Aceh.

“Kita berharap, kerjasama ini menjadi ikhtiar kita bersama untuk mensejahterakan umat, sehingga angka kemiskinan benar-benar dapat berkurang,”imbuh Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor IAIN Langsa juga menandatangani naskah kerjasama yang meliputi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya serta penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, kajian naskah akademik, seminar dan lokakarya. (Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini