Header Ads

IAIN Langsa Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama


Langsa, HabaAtjeh - Memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke - 75 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar upacara di halaman gedung rektorat kampus setempat. (05/01)

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh civitas akademika IAIN Langsa dengan menerapkan protkes yang telah ditentukan.

Rektor IAIN Langsa, Dr. H. Basri, MA membacakan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, dalam kesempatan ini, Menag ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama yang baru dalam mengelola Kementerian yang membidangi agama di Nusantara. Semangat Kementerian Agama yang baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Dalam kesempatan yang sama Rektor IAIN Langsa juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para skateholder dan dosen.


Penghargaan tersebut diberikan kepada anggota DPR RI Komisi V Fraksi PKB H.Ruslan M. Daud yang diwakili oleh Muhammadar,M. Pem. I atas Bantuan Revitalisasi Rusunawa, kemudian kepada PEMKO Langsa atas Dana Hibah 1,5 Milyar untuk Pengembangan Lahan Pendidikan dan kepada Maimul Mahdi, S.Sos Ketua Fraksi Partai Aceh atas bantuan Pembangunan Tempat Parkir Bus.

Selain itu Rektor juga menyerahkan penghargaan kepada pengelola Jurnal terakreditasi, yaitu Jurnal Al Bukhari dengan pengelola Muhammad Reza Fadhli, M. Ag, Jurnal Englihten dengan pengelola dRizki Andana Pohan, M. Pd, dan Jurnal Atfaluna dengan pengelola Ade Tursina, M. Pd. 

Kemudian penghargaan tiga dosen terbaik dalam komitmen memberikan kuliah daring melalui platform pembelajaran jarak jauh EDLINK tahun 2020 yaitu Nazliati, M. ED, Zikratul Ulya, SE, M. Si dan Fadhilah Wiandari, MS.

Selanjutnya penghargaan kepada Prodi yang meraih akreditasi B tahun 2020, Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Kaprodi Hukum Keluarga Islam, Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah pada Pascasarjana.

Sedangkan untuk Program Strata Satu yaitu, Kaprodi Ilmu Hadist, Kprodi Ilmu Alquran dan Tafsir, Kaprodi Ekonomi Syariah, Kaprodi Bimbingan dan Konseling Islam dan Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Diakhir acara bagi yang ingin menyumbangkan darahnya telah disediakan unit donor darah. (*)

Penulis: Selly

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini