Header Ads

Mie Bala- Bala Takjil Khas Kota Langsa


Langsa, HabaAtjeh - Bulan Ramadhan indentik dengan takjil. Takjil adalah menu untuk berbuka. Di Kota Langsa, Aceh ada takjil yang ditunggu- tunggu saat bulan Ramadhan yaitu mie bala-bala. Makanan sejenis dengan lontong sayur.

Mie ini dinamakan dengan mie bala-bala karena didalam mie ini terdapat bakwan sayur. Bala- bala merupakan bahasa Jawa yaitu makanan yang terbuat dari terigu yang dicampur dengan beragam sayur lalu digoreng.

Mie bala-bala ini terdiri dari mie bihun, dan bakwan sayur yang di potong-potong lalu kerupuk lalu ditambah dengan kuah kari yang mengandung banyak rempah-rempah dan santan. Dan mie bala-bala juga ditambahkan toping seperti telur ayam rebus, kambing kari, ayam kari dan bebek yang dimasak kari.


Cici menuturkan bahwa mie bala- bala ini merupakan makanan yang sudah ada kurang lebih sejak 20 tahun lalu. Dan mie ini hanya di jual saat bulan Ramadhan. Cici juga menuturkan bahwa mereka sudah menjual mie bala- bala ini secara turun temurun.

Selain memiliki nama yang unik, mie bala- bala ini memiliki rasa lezat. Rempah- rempah dari kuah kari dan mie bercampur sangat terasa dilidah, pungkas Nisa. Mie bala- bala ini merupakan menu favorit saat bulan Ramadhan. (*)


Penulis: Audia Safitri

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini