Header Ads

11 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Sumatera, 2 dari Aceh

 

Foto : Gedung Biro IAIN Langsa- Aceh

Foto : UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Banda Aceh, HabaAtjeh.com – Lembaga Pemeringkatan Universitas Dunia atau Webometrics merilis daftar peringkat perguruan tinggi dunia, termasuk yang di Indonesia pada Januari 2022 lalu.

Ada 4 indikator penilaian dari Webometrics, yakni Presence, Visibility, Transparency dan Excellent.

mengutip dari media katasumbar.com,  Khusus untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) di Pulau Sumatera, berikut daftar terbaik dari peringkat 1 hingga 11.

1.UIN Raden Intan Lampung, Kampus yang terletak di Kecamatan Sukarame Lampung ini, merupakan PTIN terbaik di Sumatera versi Webometrics, secara keseluruhan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta peringkatnya secara nasional adalah 64.

2. IAIN  Langsa, Lebih populer disebut IAIN Langsa, inilah PTIN terbaik 2 di Sumatera. Secara nasional untuk keseluruhan kategori perguruan tinggi, peringkat nasionalnya adalah 81.

3.UIN Sultan Thaha Jambi, Berada di peringkat 102 untuk seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, UIN Sultan Thaha adalah PTIN terbaik 3 di Pulau Andalas.

4. IAIN Padang Sidempuan, Kampus ini adalah PTIN terbaik di Sumatera Utara dan peringkat 4 di Pulau Sumatera, Secara keseluruhan, dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, peringkatnya adalah 108.

5. UIN Sutan Syarif Kasim, Perguruan tinggi ini berada di Riau. Berada di peringkat 5 PTIN di Sumatera. Dari ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, peringkatnya adalah 114.

6. UIN Raden Fatah, Terletak di Palembang, UIN Raden Patah memiliki peringkat 134 dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

7. UIN Ar - Raniry Banda Aceh, Lokasinya berada di Kota Banda Aceh. Peringkatnya secara nasional dari ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia adalah 138.

8. IAIN Bengkulu, Peringkat secara nasional adalah 232, dan menduduki PTIN ke 8 terbaik di Sumatera.

9.UIN Imam Bonjol, Inilah PTIN terkemuka dari Sumbar yang berlokasi di Padang. Peringkatnya adalah 234. 

10. UIN Sumut, Berada di peringkat 10 di Sumatera, sementara peringkat nasionalnya adalah 259.

11. IAIN Bukit Tinggi, Berlokasi di Kubang Putiah Agam, IAIN Bukittinggi berada di peringkat 11. Secara nasional ada di nomor 267 dari semua kategori perguruan tinggi di Indonesia.

Semua PTIN tersebut berada di bawah naungan Kementerian Agama.(*)

 

berita serupa telah di muat di media  katasumbar.com

 

Redaksi

 

 


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini