Header Ads

Inggris, AS, dan Australia menyalahkan Rusia atas Serangan Global Dunia Maya

Para pejabat keamanan di Inggris, AS dan Australia menuduh Rusia meretas mesin dan menggunakannya sebagai bagian dari kampanye spionase terhadap Barat sejak 2015.

Menurut pernyataan bersama antara intelijen Inggris, FBI, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dan Keamanan Dalam Negeri pada hari Senin, "pelaku cyber" Rusia telah merusak router, yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet, untuk melanggar sistem keamanan dan mencuri informasi. .

Jutaan perangkat milik kantor pemerintah, penyedia layanan internet dan operator infrastruktur kritis terpengaruh, pernyataan itu berlanjut.

FBI memiliki "kepercayaan diri yang tinggi" ini dilakukan untuk "mendukung spionase, mengekstrak kekayaan intelektual, menjaga akses terus-menerus ke jaringan korban, dan berpotensi meletakkan dasar untuk operasi ofensif di masa depan", kata pernyataan itu.

Australia kemudian bergabung dengan Inggris dan AS, mengatakan 400 perusahaan mereka juga telah terperangkap dalam serangan yang disponsori oleh negara Rusia yang diidentifikasi pada bulan Agustus.


HabaAtjeh - RUSIA, "Kami tahu bahwa mereka berada di balik serangan ini dan itu adalah eskalasi yang sangat penting," kata Fergus Hanson dari Pusat Kebijakan Maya Internasional Canberra kepada ABC News.

Ketika ditanya apakah tindakan lebih lanjut akan diambil, dia berkata: “Hal yang paling penting pada titik ini adalah untuk menghubungkannya. Untuk mengatakan kami tahu dari mana ini berasal ... dan itu perilaku yang tidak dapat diterima. "

Investigasi terhadap "peretasan massal" global dimulai tiga tahun lalu setelah para pekerja cybersecurity dan sekutu menginformasikan kepada pemerintah AS bahwa "jumlah besar" perusahaan dan perkantoran di seluruh dunia telah diretas oleh entitas yang tidak dikenal.

"Pemerintah AS menilai bahwa aktor-aktor siber yang didukung oleh pemerintah Rusia melakukan kampanye di seluruh dunia ini," kata pernyataan itu.

Kabar terbaru dari tuduhan peretasan terhadap Rusia termasuk di antara banyak yang dipungut biaya di pemerintahan Vladimir Putin. Pada bulan Februari, Inggris menyalahkan Kremlin karena melepaskan serangan cyber "NotPetya" tahun lalu yang melumpuhkan bagian infrastruktur Ukraina dan menyebar ke seluruh dunia. Para pejabat AS juga telah lama menuduh Rusia meretas ke akun email dan server milik politisi Demokrat, dan membocorkan informasi sensitif untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS untuk mendukung Partai Republik pada 2016.

Moskow membantah keras klaim itu. (euronews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini