Header Ads

1.288 MABA IAIN Langsa Ikuti PBAK

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA (Baju Batik) didampingi oleh Sekda Kota Langsa H. Syahrul Thaib, SH, M. AP (Baju Dinas) saat memberikan perlengkapan kepada peserta PBAK secara simbolis.
KOTA LANGSA, HabaAtjeh  - Sebanyak 1.288 Mahasiswa Baru (MABA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2018/2019 yang berlangsung di aula seuramo teuhah kampus setempat, Selasa (28/8).

PBAK tahun ini mengusung tema "Terbinanya Kepribadian Mahasiswa Islam Yang Berkualitas Akademis, Sadar Akan Fungsi dan Tanggung Jawabnya Sebagai Kader Umat dan Kader Bangsa”.

Ketua panitia Muhammad Odi dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten dalam bidangnya.

“Acara dilaksanakan selama tiga hari, jadi calon mahasiswa dan mahasiswi diberikan muatan materi oleh narasumber yang berkompeten, diantaranya pimpinan kampus, dari unsur legeslatif, eksekutif, TNI dan Polri serta dari unsur Organisasi Kemahasiswaan,” ujarnya.

Odi berharap, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius sehingga benar-benar dapat menyerap muatan materi yang disampaikan.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Mahasiswa Muhammad Jailani menegaskan bahwa pelaksanaan PBAK yang diselenggrakan pihaknya tidak ada unsur perpeloncoan dan kekerasan.

“Saya tegaskan, tidak ada perpeloncoan dalam PBAK di IAIN Langsa, karena tidak sesuai dengan sisi kemanusiaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru.

“Selamat datang kepada para mahasiswa dan mahasiswi baru di IAIN Langsa, mudah-mudahan anda merasa nyaman kuliah disini,” katanya.

Namun Rektor juga mengingatkan agar para mahasiswa jangan terlalu nyaman, karena dikhawatirkan akan menjadi mahasiswa abadi.

“Tapi jangan terlalu nyaman sehingga tidak pernah menyelesaikan kuliahnya dan menjadi mahasiswa abadi,” tuturnya.

Kepada para mahasiswa baru Zulkarnaini berharap agar dalam menempuh pendidikan harus dijalankan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.

"Kami sangat berharap agar adik-adik kami semuanya tulus ikhlas dalam menempuh pendidikan, karena ditangan andalah kita berharap semuanya nanti negeri ini akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang,"sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama pula, Sekretaris Daerah Kota Langsa H. Syahrul Thaib, SH, M. AP mengajak para mahasiswa baru untuk senantiasa menjaga nilai-nilai budaya yang ada ditengah masyarakat dan kampus.

“Pengenalan budaya, akhlak kita dalam kampus, sesama mahasiswa sangat penting, mengingat mahasiswa yang kuliah disini dari berbagai latar daerah,”tandasnya.

Syahrul juga mengatakan, dalam menempuh pendidikan jangan dianggap menjadi beban, namun anggaplah suatu kebutuhan sehingga dalam menjalankannya tidak ada tekanan dan tidak stres.

Syahrul juga berpesan agar para mahasiswa lebih fokus untuk belajar dengan tidak mengahbiskan waktu di warung kopi hingga laraut malam seperti yang terjadi di daerah lain.

Acara tersebut turut dihadiri oleh pimpinan kampus setempat, perwakilan Polres Langsa, perwakilan sejumlah Dinas dalam Pemerintah Kota Langsa dan tamu undangan lainnya.(Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini