Header Ads

Peduli Terhadap Sesama, Pemko Langsa Serahkan Hewan Qurban

Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE (pakai kacamata) didampingi oleh Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM (pakai peci) saat menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada Geuchik Birem Puntong di Dusun Pendidikan, Paya Bujok Seulemak, selasa (21/8/2018).
KOTA LANGSA, HabaAtjeh - Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama muslim, Pemerintah Kota Langsa menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat fakir dan miskin Kota Langsa, penyerahan itu bertempat di Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, selasa (21/8).

Sebelum penyerahan hewan qurban, para undangan terlebih dahulu mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh ustaz Tabri, Lc.

Dalam tausiyahnya ustaz Tabri mengatakan, setiap tahunnya Nabi Muhammad SAW selalu berkurban.

"Bahkan diakhir hidupnya Nabi muhammad berqurban dua ekor kambing yang disembelihnya sendiri,"ujarnya.

Ustaz Tabri juga mengatakan, orang yang berqurban mendapatkan kemuliaan yang sama seperti orang kemuliaan orang yang berhaji.

"Ibadah ini (berqurban) sangat mulia, kemuliaan itu sudah kita dapatkan sejak tanggal 1 zulhijjah, sesuai hadist Nabi Muhammad SAW, jika sudah sampai tanggal 1 zulhijjah bagi yang berqurban jangan memotong kuku dan rambut, maka kita akan mendapatkan kemuliaan itu (kemuliaan orang yang berhaji),” katanya.

Bahkan, lanjut Tabri, sampai binatang tersebut disembelih, sebelum tetesan darah jatuh ke tanah sudah dicatat pahala oleh malaikat.

Ketua panitia qurban Drs. Ibrahim Latif, MM mengatakan, jumlah hewan qurban berjumlah 65 ekor sapi, kambing 22 ekor kambing yang berasal dari dinas dan BUMN yang ada di Kota Langsa kecuali Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Langsa.

Dikatakannya, hewan qurban itu akan dibagikan untuk warga fakir dan miskin melalui Geuchik (Kepala Desa) di 40 gampong dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa.

Sementara itu, Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pegawai yang telah berqurban.

“Terima kasih kepada bapak ibu yang telah berkurban, ini bentuk kebersamaan kita, inilah kepedulian kita,” ungkapnya.

Dijelaskan Usman Abdullah, pembagaian daging qurban ini harus tepat sasaran kepada yang berhak menerimanya.

“Jadi kita orang yang mampu, kapan saja kita berkeinginan untuk makan daging bisa, sementara orang yang tidak mampu membeli 1 ons saja tidak bisa,” imbuhnya.

Usman Abdullah juga menjelaskan, pembagian hewan qurban yang dilakukan pihaknya telah berjalan lima tahun.

“Hari ini sudah masuk tahun ke 5 arisan seperti ini kita lakukan, saya lihat setiap tahun ada penambahan,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa, Waka Polres Langsa, sejumlah Kepala OPD Pemko Langsa, Kepala Bank Aceh Syariah Kota Langsa, Direktur RSUD Langsa, para Geuchik dan undangan lainnya.(Syahrial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini