Header Ads

IMIKI Aceh Kecam Tindakan Warga Soal Wanita Rohingnya yang Diminta Buka Cadar



Banda Aceh, HabaAtjeh - Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) Aceh mengecam tindakan warga terkait perbuatan tak semena terhadap salah seorang wanita Rohingnya yang diselamatkan di lepas pantai Senuddon, Aceh Utara beberapa waktu lalu.

Perbuatan tak semena itu ialah adanya warga yang menyuruh salah seorang wanita etnis Rohingnya untuk membuka cadarnya sebagaimana video yang viral di media sosial saat ini.

Ketua IMIKI Aceh, Muhammad Ridwan Harahap mengatakan, tindakan warga yang meminta seorang wanita Rohingnya membuka niqab (cadar) adalah salah satu tindakan yang di luar batas kewajaran. 

"Dimana letak akal sehatnya saudara? Bangga boleh, bego jangan, katanyanya saat dikonfirmasi pada Minggu (28/6/2020).

Ridwan menegaskan, meski berjasa menyelamatkan nyawa warga Rohingnya yang terombang-ambing di lautan, seharusnya tidak seperti itu tindakan yang dilayankan warga.

Kata dia, dari mata wanita itu terlihat jelas merasa keterpaksaan untuk membuka niqabnya.

"Namun tidak kah kalian tahu kalau dia tidak berurusan dengan kalian, namun dengan batinnya sendiri untuk mempertanggung jawabkan niatnya berniqab," tegas Ridwan. 

Ridwan menuturkan, para warga bisa menghargai etnis Rohingnya yang diselamatkan itu. Mereka bukanlah tontonan yang bisa diperlakukan sesuka hati. 

"Karena kejadian itu sama halnya dengan kalian yang membantu seseorang dan meminta telanjang untuk kepuasan hati kalian," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 94 imigran gelap asal Rohingnya terdampar di perairan Aceh Utara, mereka terdampar akibat kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan pada bagian mesin, sehingga membuat puluhan imigran tersebut terombang-ambing selama berbulan-bulan sebelum akhirnya diselamatkan oleh nelayan. (*)

Penulis: Redaksi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini